Kata Mutiara Islam Penentram Dahaga Hati

 0
Kata Mutiara Islam Penentram Dahaga Hatiby Ghazali Kareem Iffredistaon.Kata Mutiara Islam Penentram Dahaga HatiEmail Print Kata Mutiara islam termaktub dalam banyak ragam, mulai dari yang dilafaskan oleh nabi besar Muhammad SAW , para sahabat, tabi’in dan para umatnya yang tersebar diseluruh penjuru dunia. Tak mungkin rasanya jika harus menuliskan semua kata mutiara islami yang begitu banyak tersebar di berbagai tempat. Kata bijak dalam islam begitu sangat banyak. Saya berusaha […]

Kata Mutiara islam termaktub dalam banyak ragam, mulai dari yang dilafaskan oleh nabi besar Muhammad SAW , para sahabat, tabi’in dan para umatnya yang tersebar diseluruh penjuru dunia. Tak mungkin rasanya jika harus menuliskan semua kata mutiara islami yang begitu banyak tersebar di berbagai tempat. Kata bijak dalam islam begitu sangat banyak. Saya berusaha sebaik mungkin untuk menuliskan sebagian kata mutiara islam yang semoga bisa kita ambil hikmahnya.
Ragam yang ada dalam khasanah dunia islam tentang sastra sudah sedemikian anggunnnya tersusun, hal ini membuat semakin kayanya nilai nilai budaya khususnya islam dalam interaksi positif kehidupan umat. Dibawah ini saya sengaja pilihkan kata mutiara islami yang popular saja. Karena tidak mungkin untuk menuliskan semua kata mutiara islam yang begitu banyaknya, apalagi jika ditambah dengan karya yang dilahirkan pujangga islam dewasa ini.
Tentu harus kita sadari betul bahwa tidak ada gunanya kata yang begitu indah terdengar jika hanya dijadikan sebagai hiasan tanpa diambil hikmahnya dan dijadikan pemecut semangat untuk berbuat lebih baik lagi. Simak penggalan kata mutiara islami dibawah ini:
Aku mengamati semua sahabat,  dan tidak menemukan sahabat yang lebih baik daripada menjaga lidah. Aku memikirkan tentang semua pakaian, tetapi tidak menemukan pakaian yg lebih baik daripada takwa. Aku merenungkan tentang segala jenis amal baik, namun tidak mendapatkan yg lebih baik daripada memberi nasihat baik. aq mencari segala bentuk rezki, tapi tidak menemukan rezki yg lebih baik daripada sabar.

Berpegang teguhlah pada kejujuran sekalipun mengantarmu pada kematian

-Umar bin Khattab RA-
Apa pendapat Anda bila ada seseorang yang pakaiannya terkena air kencing, lalu ia hendak mensucikannya dengan air kencing pula? Mungkinkah air kencing itu dapat mensucikannya? Tentu saja tidak! Kotoran tidak dapat disucikan kecuali dengan sesuatu yang suci. Begitu pula halnya keburukan yang pernah kita lakukan, tidak akan dapat terhapus kecuali dengan memperbanyak melakukan kebaikan.”
(Sufyan ats-Tsauri)
Apabila akhirat ada dalam hati, maka akan datanglah dunia menemaninya. Tapi apabila dunia ada di hati maka akhirat tidaklah akan menemaninya. Itu karena akhirat mulia dan dermawan, sedangkan dunia adalah hina”
(Abu Sulaiman Ad Daroni)
Akhlak yang paling mulia adalah menyapa mereka yang memutus silaturahim, memberi kepada yang kikir terhadapmu, dan memaafkan mereka yang menyalahimu.”
(HR Ibnu Majah)
Aku tertawa (heran) kepada orang yang mengejar-ngejar dunia padahal kematian terus mengincarnya, dan kepada orang yang melalaikan kematian padahal maut tak pernah lalai terhadapnya, dan kepada orang yang tertawa lebar sepenuh mulutnya padahal tidak tahu apakah Tuhannya ridha atau murka terhadapnya.
(Salman al Farisi/Az Zuhd, Imam Ahmad)
Sesungguhnya apabila badan sakit maka makan dan minum sulit untuk tertelan, istirahat dan tidur juga tidak nyaman. Demikian pula hati apabila telah terbelenggu dengan cinta dunia maka nasehat susah untuk memasukinya.
(Malik bin Dinar/Hilyatul Auliyaa’)
Barang siapa yang dibenci manusia karena mencari ridha Allah maka manusia (yang lain) akan mencukupinya (membelanya). Barang siapa yang mencari ridha manusia dengan murka Allah maka Allah akan serahkan dia kepada munusia juga. (Ummul Mu’minin Aisyah ra/ Az Zuhd, Imam Ahmad) 
“Kita menemukan kedermawanan dalam Taqwa (kesadaran akan Allah), kekayaan dalam Yaqin (kepastian), dan kemuliaan dalam kerendahan hati.” 
“Patuhilah Aku selama Aku patuh kepada Allah swt dan Rasulullah saw, bila Aku tidak mematuhi Allah swt dan Rasulullah saw, maka jangan patuhi Aku lagi.”
Abu Bakar Ash Shiddiq RA
Ketahuilah bahwa sabar, jika dipandang dalam permasalahan seseorang adalah ibarat kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang maka keseluruhan tubuh itu akan membusuk. Sama halnya, jika kesabaran hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak.
Orang yang tidak menguasai matanya, hatinya tidak ada harganya 
Nilai seseorang sesuai dengan kadar tekadnya, ketulusannya sesuai dengan kadar kemanusiaannya, keberaniannya sesuai dengan kadar penolakannya terhadap perbuatan jahat dan kesucian hati nuraninya sesuai dengan kadar kepekaannya terhadap kehormatan dirinya. 
Setiap orang yang sedang disusul oleh kematian meminta lebih banyak waktu.
Sementara semua orang yang masih memiliki waktu membuat alasan untuk menunda-nunda.
(Ali bin Abi Thalib RA)
Demikianlah sepenggal kata mutiara islam yang semoga kita semua yang membaca bisa mengambil hikmahnya. Adapun jika anda mengetahui sesuatu yang salah dalam pengetikan, salah penyebutan, ataupun kekeliruan lainnya, saya berharap sudilah kiranya untruk memberitahukan kepada saya. Saya dengan senang hati akan melakukan perbaikan.
Semoga ikatan silaturahmi kita semakin terjaga dengan baik. Interaksi positif dari para pembaca blog infobagus ini sangat saya harapkan.
Oh ya jika ada yang berkenan menambahkan silahkan berkomentar dibawah ini ya
Artikel lainnya : Kumpulan Kata kata Bijak | Gambar gambar Lucu bikin ngakak



Related Posts