Mr. virus, Si kecil yang mematikan

 0
Mr. virus, Si kecil yang mematikanby Ghazali Kareem Iffredistaon.Mr. virus, Si kecil yang mematikanEmail Print Waktu kecil saya menonton sebuah film action yang lupa lagi judulnya, disitu diceritakan banyak korban yang mati karena virus antrax, kemudian saya penasaran namun karena masih kecil yang belum tahu google juga saya abaikan rasa penasaran itu, nah sekarang saya mulai paham sedikit-sedikit mengenai virus berkat google juga tentunya. Ternyata virus itu ada […]
Waktu kecil saya menonton sebuah film action yang lupa lagi judulnya, disitu diceritakan banyak korban yang mati karena virus antrax, kemudian saya penasaran namun karena masih kecil yang belum tahu google juga saya abaikan rasa penasaran itu, nah sekarang saya mulai paham sedikit-sedikit mengenai virus berkat google juga tentunya. Ternyata virus itu ada yang nyata dan ada pula yang digital. Untuk lebih jelasnya akan saya jelaskan seperti ini. Pengertian virus dapat diringkas sebagai sesuatu yang tugasnya merusak keseimbangan hidup sesuatu. Nah loh kok pengertiannya ala syahrini gitu ya, banyak “sesuatu” nya. Ok kalo gitu kita bagi dua dulu jenis virusnya:
1. Virus biologi
2. Virus computer
Virus dalam istilah biologi
Virus di sini merupakan makhluk hidup yang kerjaanya menyerang system kekebalan tubuh baik manusia, hewan, maupun tumbuhan. Virus merupakan makhluk parasit dan berukuran sangat kecil. Jika kita menelusuri sejarahnya, menurut mbah google virus ini pertama kali ditemukan oleh adolf hitler,(loh bukannya adolf hitler tuh orang jerman yang kumisnya dikit ya gan, wkwkwk) bukan ding, penemu virus pertama kali merupakan adolf mayer, seorang bapak virology ilmu yang mempelajari virus, (konon katanya nama adolf diambil dari “adolf hitler” dan mayer diambil dari penyanyi favorit babehnya “john mayer” –boong gan :P) . virus pertama kali ditemukan pada tahun 1883. Virus dapat mengakibatkan kerusakan pada tubuh mulai dari penyakit kecil sampai kematian. 
Diantara virus yang mematikan yaitu
AIDS, HIV, demam berdarah, flu burung dan sebagainya.
Virus dalam istilah computer
Jenis virus virtual ini menyebabkan computer kita rusak dari sisi software dan operating systemnya. Virus ini dapat diartikan sebagai program yang dibuat untuk menyerang dengan menginfeksi file tertentu, missal yang berekstensi .txt, .doc, .jpg dan sebagainya. Banyak sekali virus yang beredar akhir-akhir ini misalkan virus shortcut yang biasanya bersemayam di flashdisk. Agan-agan yang suka ke warnet dan mencolokkan flashdisk di sana atau di tempat umum lainnya biasanya rentan terkena virus, makanya gan flashdisknya dijaga dengan baik jangan sampai menjadi jablay begitu, heuheu.. becanda gan. Selain itu banyak sekali virus-virus lainnya yang beredar di internet.
Untuk ciri-ciri computer yang terjangkit virus diantarany:
- Sering keluar pesan error atau kontak dialog aneh
- Computer berjalan lambat bahkan nge-hang/ not responding
- Merestart sendiri
- File-file tertentu tidak bisa dibuka
- Tidak bisa mengakses hardisk atau perangkat inputan lain.
Widih serem juga ya, nah untuk mencegah dan mengobati jenis virus ini, selalu install antivirus di PC anda, baik yang free maupun yang premium.



Related Posts