Pengertian Proposal Dan Contoh-Contohnya

 0
Pengertian Proposal Dan Contoh-Contohnyaby Ghazali Kareem Iffredistaon.Pengertian Proposal Dan Contoh-ContohnyaEmail Print Pernahkah anda menulis proposal? Atau mungkin anda pernah membacanya? Atau ada yang belum mengerti sama sekali apa itu proposal? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengertian proposal dan bagaimana cara-cara pembuatannya. Proposal atau usulan pelaksananaan kegiatan  adalah suatu rencana kerja yang disusun secara sistematis dan terperinci untuk suatu kegiatan yang bersifat […]
Pernahkah anda menulis proposal? Atau mungkin anda pernah membacanya? Atau ada yang belum mengerti sama sekali apa itu proposal? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengertian proposal dan bagaimana cara-cara pembuatannya. Proposal atau usulan pelaksananaan kegiatan  adalah suatu rencana kerja yang disusun secara sistematis dan terperinci untuk suatu kegiatan yang bersifat formal.
Berdasarkan bentuknya proposal dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:
a.       Formal
b.      Semi formal
c.       Non formal

Proposal formal biasanya terdiri dari tiga bagian utama, yaitu


a.       Pendahuluan
Pada bagian pendahuluan terdiri dari sampul dan halaman judul, kata pengantar, ikhtisar (abstrak), daftar isi, dan penegasan permohonan.
b.      Isi
Pada bagian isi terdapat latar belakang, pembatasan masalah, tujuan, ruang lingkup, dasar, metodologi, fasilitas, personalia ( susunan panitia ), keuntungan dan kerugian, waktu, dan biaya.
c.       Penutup
Bagian ini biasa disebut pelengkap yang berisi daftar pustaka, lampiran, tabel, dan lain sebagainya.
Adapun proposal semi formal dan non formal merupakan modifikas dari bentuk formal karena tidak memenuhi persyaratn tertentu atau tidak selengkap proposal formal.
Isi proposal juga ada yang sederhana dan ada pula yang kompleks. Untuk proposal dengan isi kompleks biasanya digunakan untuk pembuatan yang formal. Sedangkan isi proposal sederhana hanya meliputi:

a.       Nama kegiatan (judul)
b.      Dasar pemikiran
c.       Tujuan diadakan kegiatan
d.      Ruang lingkup
e.       Waktu dan tempat kegiatan
f.       Penyelenggara (panitia)
g.      Anggaran biaya, dan
h.      Penutup
Berikut ini contoh proposal kegiatan yang sederhana

PROPOSAL PENANAMAN SERIBU POHON OSIS SMA BINA BAKTI

I.                   Latar belakang

Bencana yang menimpa bangsa ini (banjir, dan tanah longsor) bukannya berkurang dari tahun ke tahun malah semakin menjadi. Hal ini dikarenakan mulai berkurangnya pepohonan yang berfungsi sebagai resapan air dan penahan tanah. Banyak kasus penebangan hutan liar, tidak mempedulikan jeda tebang, sehingga hutan-hutan dibiarkan gundul begitu saja tanpa adanya pertanggungjawaban dari mereka. Akankah kita membiarkan hal ini terjadi?
II.                Tujuan
2.1  Mengembalikan mahkota hutan.
2.2  Mencegah terjadinya bencana-bencana berikutnya.


III.             Ruang Lingkup
Sebenarnya masih banyak daerah-daerah yang membutuhkan penghijauan, namun untuk saat ini kegiatan ini difokuskan dahulu untuk daerah di sekitar SMA Bina Bakti
IV.             Pelaksanaan
4.1  Waktu :  Minggu, 24 februari 2012
4.2  Tempat:  Pegunungan di daerah sekitar SMA Bina Bakti
4.3  Peserta :  Masyarakat sekitar dan siswa SMA Bina Bakti
V.                Susunan acara
Terlampir
VI.             Rencana Anggaran
Terlampir
VII.          Susuna panitia
Terlampir
VIII.       Penutup
Demikian proposal kegiatan “penanaman seribu pohon” sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup di negeri ini.

Sekian penjelasan dari saya mengenai proposal semoga bermanfaat.