Seputar Pengertian Perangkat Lunak (Software)

 0
Seputar Pengertian Perangkat Lunak (Software)by Ghazali Kareem Iffredistaon.Seputar Pengertian Perangkat Lunak (Software)Email Print Proses pengolahan data menggunakan komputer akan sia-sia apabila perangkat keras yang ada tidak didukung oleh adanya perangkat lunak atau software.  Mengapa demikian? Karena perangkat keras komputer hanyalah benda-benda mati dan tidak akan berfungsi tanpa adanya serangkaian instruksi atau perintah. Jadi, disini pengertian perangkat lunak adalah sekumpulan instruksi yang berfungsi mengatur dan mengendalikan perangkat […]
Proses pengolahan data menggunakan komputer akan sia-sia apabila perangkat keras yang ada tidak didukung oleh adanya perangkat lunak atau software.  Mengapa demikian? Karena perangkat keras komputer hanyalah benda-benda mati dan tidak akan berfungsi tanpa adanya serangkaian instruksi atau perintah. Jadi, disini pengertian perangkat lunak adalah sekumpulan instruksi yang berfungsi mengatur dan mengendalikan perangkat keras yang ada. Fungsi dari perangkat lunak sendiri  adalah mengatur pekerjaan perangkat keras komputer dalam mengolah data menjadi informasi. Sebagai contoh, saat Anda mengetik surat dengan komputer, atau menghitung rumus matematika di komputer semuanya mengharuskan Anda memiliki software aplikasi seperti Word dan Excel.

Perangkat lunak ( software ) dibagi menjadi dua macam, yaitu:

a.       Perangkat lunak sistem operasi
Sistem operasi ini melakukan tugas untuk mengatur semua perangkat keras komputer.
b.      Perangkat lunak aplikasi
Setelah sistem operasi berjalan, barulah perangkat lunak aplikasi yang menerima data dan kemudian mengolahnya sesuai dengan keinginan pengguna.
Perangkat lunak sistem operasi yang sangat populer saat ini adalah Microsoft Windows buatan Microsoft Corporation. Sistem operasi ini memiliki banyak versi, diantaranya windows 3.1, windows 95, windows 95, dst dan sampai sekarang windows 2008. Selain microsoft windows, sistem operasi lain yang banyak digunakan adalah operasi Linux, sistem operasi MacOS, dan sistem operasi Unix.
Hampir setiap software yang beredar selalu mempunyai versi yang terus dan terus diperbarui dari waktu ke waktu. Semakin baru versi sebuah software maka akan semakin bagus kinerjanya serta semakin lengkap pula fitur-fitur yang disediakan. Namun, software terbaru juga membutuhkan hardware yang semakin canggih pula, seperti kapasitas RAM yang lebih besar, kapasitas harddisk yang lebih besar, kecepatan prosessor yang semakin tinggi, dan lain sebagainya.
Berikut beberapa contoh perangkat lunak program aplikasi:
1.       Microsoft word dan OpenOffice Writer, yaitu perangkat lunak untuk pekerjaan mengolah kata ( membuat surat, karangan, majalah dinding, buletin, dan sebagainya).
2.       Microsoft Excel dan OpenOffice Calc, yaitu perangkat lunak untuk pekerjaan mengolah data yang berupa angka, digunakan dalam pembuatan laporan keuangan , menyelesaikan soal-soal matematika sederhana dan lain sebagainya.
3.       Microsoft Power Point dan OpenOffice Impress, yaitu perangkat lunak untuk pembuatan presentasi dan melakukan presentasi di depan sekelompok orang.
4.       CorelDraw dan Photoshop, yaitu perangkat lunak untuk pekerjaan yang berkaitan dengan gambar ( edit foto, membuat gambar sederhana, brosur, dan sebagainya).
5.       Internet Explorer dan Opera yai perangkat lunak komputer yang digunakan untuk browsing.
6.       SPSS dan Minitab, yaitu perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah data-dat statistik.
Jadi, agar suatu komputer dapat digunakan untuk mengolah data maka komputer tersebut haruslah memiliki sistem operasi yang mengatur perangkat keras dan menghubungkan perangkat keras dengan perangkat lunak aplikasi. Selain itu komputer harus memiliki program aplikasi. Program aplikasi inilah yang memungkinkan komputer dapatmelakukan pekerjaan-pekerjaan penggunanya. Untuk mengetahui sistem operasi yang Anda gunakan, amatilah layar monitor saat pertama kali Anda mengaktifkan komputer dan perhatikan logo atau tulisan yang muncul.

Software komputer atau lebih populer dengan nama program komputer mempunyai hak cipta. Suatu karya yang telah mendapatkan hak cipta (copyright) tidak bisa begitu saja ditiru oleh orang lain. Walaupun sebagian besar program komputer mempunyai hak cipta yang wajib dilindungi, namun ada juga program komputer yang oleh penciptanya diizinkan untuk digandakan. Pencipta membebaskan semua orang untuk mengambil, menggandakan, maupun menyebarluaskan secara Cuma-Cuma. Program semacam ini disebut program bebas ( freeware).
Selain freeware, ada juga shareware. Shareware berbeda dengan freeware, shareware akan meminta pembayaran setelah jangka waktu tertentu. Dengan shareware Anda dapat melihat isi software baru, mencobanya dan kemudian memutuskan untuk membelinya atau tidak.

Fungsi Modem>>



Related Posts