Cara mudah mengajari anak belajar membaca

 0
Cara mudah mengajari anak belajar membacaby Ghazali Kareem Iffredistaon.Cara mudah mengajari anak belajar membacaEmail Print Mengajari anak belajar membaca tidaklah mudah. Di usia sekitar 5 tahunan, anak- anak tentu saja lebih suka bermain dan bermain. Memang normalnya anak-anak sampai usia 5 tahunan hanya menyukai bermain. Oleh karena itu, banyak diciptakan permainan-permainan yang sekaligus bisa dijadikan alat untuk belajar (education game). Kali ini kita akan membahasa mengenai cara untuk […]
Mengajari anak belajar membaca tidaklah mudah. Di usia sekitar 5 tahunan, anak- anak tentu saja lebih suka bermain dan bermain. Memang normalnya anak-anak sampai usia 5 tahunan hanya menyukai bermain. Oleh karena itu, banyak diciptakan permainan-permainan yang sekaligus bisa dijadikan alat untuk belajar (education game). Kali ini kita akan membahasa mengenai cara untuk mengajari anak belajar membaca. Saat mengajari anak belajar membaca, kita harus bersabar. Anak- anak masih sangat sulit untuk diajak melakukan sesuatu yang menurut mereka tidak menyenangkan walaupun itu merupakan kegiatan yang berguna bagi mereka. 


Maka dari itu, kita harus bisa membuat kegiatan belajar membaca menjadi menyenangkan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuatnya menyenangkan. Misalnya dengan memilih buku bacaan yang banyak gambar-gambarnya. Anak- anak akan tertarik pada gambar yang ada di buku bacaan tersebut. ketika anak sudah memiliki ketertarikan, maka akan lebih mudah untuk mengajak mereka untuk membaca cerita-cerita di buku tersebut. selain gambar yang bagus, kita juga sebaiknya memilih buku yang mempunyai cerita yang bagus sehingga anak- anak akan berkeinginan untuk membaca cerita-cerita yang lain. 

Ajak anak untuk membaca dengan suara yang keras. Dengan begitu, kata- kata ayng diucapkan akan menjadi lebih jelas. Orang tua juga bisa membantu anak membaca cerita tersebut sehingga anak akan lebih mudah memahami maksud dari cerita yang dibaca. Intonasi dan pelafalan orang tua harus benar supaya anak bisa mengikuti membaca dengan benar juga. Trik mudah mengajari anak belajar membaca bisa juga dengan memanfaatkan hobi atau kesenangan anak. 

Misalnya jika anak menyukai sepak bola, kita bisa memilih buku cerita yang bercerita tentang permainan sepak bola dan semacamnya. Jika anak menyukai karakter kartun televisi yang biasa mereka tonton, bolehlah membeli buku- buku yang menggunakan gambar- gambar tokoh kartun tersebut. sebaiknya adakan interaksi dengan anak. Jika ada suatu percakapan yang melibatkan dua orang, ajak anak untuk membaca secara bergantian. Beri tahu mereka, bagian mana yang harus mereka baca. Dengan begitu, suasana belajar membaca akan lebih menyenangkan dan tidak monoton. 

Beri tahu juga kepada anak mana yang harus dibaca lebih dulu jika bacaan berbentuk artikel seperti di koran- koran. Seperti misalnya judul harus dibaca dulu, kemudian baru bacaannya, atau jika ada juga keterangan pada gambar yang menyertai bacaantersebut. Terakhir, sekali lagi, dibutuhkan kesabaran untuk mengajari anak belajar membaca. Kita harus mengajari mereka secara pelan- pelan. Jangan terlalu memaksa mereka. Seorang anak akan semakin tidak menyukai hal yang dipaksakan. Semoga tips- tips yang ada pada artikel ini dapat membantu orang tua dalam mengajari anak belajar membaca.



Related Posts