Mengenal Lebih Jauh Tentang Musik: Pengertian Musik Dan Jenis-Jenisnya

 0
Mengenal Lebih Jauh Tentang Musik: Pengertian Musik Dan Jenis-Jenisnyaby Ghazali Kareem Iffredistaon.Mengenal Lebih Jauh Tentang Musik: Pengertian Musik Dan Jenis-JenisnyaEmail Print Dijaman yg sudah modern ini  musik semakin banyak berkembang dalam kehidupan . berbagai aliran musik pun semakin banyak. Pengertian Musik sendiri adalah suara  yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat – alat yang dapat menghasilkan bunyi – bunyian. Musik dinikmati oleh masyarakat sebagai penghilang […]
Dijaman yg sudah modern ini  musik semakin banyak berkembang dalam kehidupan . berbagai aliran musik pun semakin banyak. Pengertian Musik sendiri adalah suara  yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat – alat yang dapat menghasilkan bunyi – bunyian. Musik dinikmati oleh masyarakat sebagai penghilang kepenatan yang sangat efektif. Musik juga terbukti mampu membangkitkan semangat dan mencerahkan pikiran. Masih banyak lagi sederet manfaat mendengarkan musik yang dipercaya sangat baik untuk kesehatan fisik dan psikis. Berikut kami akan memberi sedikit penjelasan tentang beberapa gaya / aliran musik yang banyak berkembang di masyarakat.
Musik Klasik
Musik klasik merupakan sebuah musik yang diproduksi dalam seni, tradisi musik liturgi Barat dan sekuler, yang mencakup periode yang luas dari sekitar abad ke-9 untuk menyajikan norma-norma sentral times .
Musik tradisonal
Musik ini merupakan musik yang lahir dari masyarakat, bersifat kedaerahan karena  Biasanya menggunakan alat – alat musik tradisonal yang ada di masyarakat. Musik ini hidup secara turun temurun dan berfungsi sebagai media hiburan masyarakat.  
Musik Populer (Popular Music)
Musik Populer merupakan jenis musik yang paling banyak digemari oleh masyarakat. Banyak remaja – remaja yang memunculkan musik beraliran Populer ini, khususnya pop.  Beberapa genre musik yang termasuk Musik Populer adalah Pop, Funk, Jazz, Blues, Rock, Gospel, Underground, dan lain-lain.
·         1. Jazz
Jazz adalah jenis musik yang lahir dari penggabungan blues, ragtime, dan musik Eropa,.   beberapa sub genre jazz adalah Dixieland, swing, bebop, hardbop, cooljazz, free jazz, jazz fussion, smooth jazz, Caf Jazz.
·         2. Gospel
Gospel adalah genre yang didominasi oleh vokal dan biasanya bertema Kristen. Beberapa sub genrenya antara lain  contemporary gospel dan urban contemporary gospel. lagu jenis Gospel ini memiliki nuansa mirip dengan Rock n Roll (Rock n Roll sendiri merupakan gabungan dari Rock, Jazz, dan Gospel),
·        3.  Blues
Blues berasal dari masyarakat Afro-AMerika yang berkembang dari musik Afrika-Barat. Jenis ini kemudian memengaruhi banyak genre musik pop saat ini, termasuk ragtime, jazz, big band, rythm and blues, rock and roll, country, dan musik pop.
·        4.  Rhythm and blues
Rhythm and blues adalah nama musik tradisional masyarakat Afro-Amerika, yaitu musik pop kulit hitam dari tahun 1940-an sampai 1960-an yang bukan jazz atau blues.
·        5.  Funk
Funk juga dipelopori oleh musisi-musisi Afro-Amerika, misalnya James Brown, Parliament-Funkadelic, dan Sly and the Family Stone. Musik jenis Funk ini biasanya memiliki nada beat groovy, suatu rhythm yang membuat pendengarnya berdecak mengikuti irama. Oleh karena itu, dalam banyak hal, funk sering disamakan dengan groovy.
Ska, Reggae, Dub
Ska merupakan musik yang pertama kali muncul dari masyarakat jamaika. Karena sudah tidak sesuai dengan kondisi ekonomi sosialnya, maka aliran musik ska berkembang dan berubah menjadi reggae ( musik dengan tempo yang lebih lambat ). 



Related Posts