Monitor Komputer dan perkembangannya

 0
Monitor Komputer dan perkembangannyaby Ghazali Kareem Iffredistaon.Monitor Komputer dan perkembangannyaEmail Print Monitor komputer merupakan salah satu bagian terpenting yang menghubungkan manusia dengan komputer. Monitor komputer merupakan sebuah layar yang dapat menampilkan output yang dihasilkan oleh komputer dan memiliki kemampuan grafis sehingga dapat dinikmati oleh penggunanya. Sejarah perkembangan monitor komputer berawal pada tahun 1938 dan terjadi dalam dua fase. Fase pertama ketika ditemukannya tabung sinar katoda oleh […]
Monitor komputer merupakan salah satu bagian terpenting yang menghubungkan manusia dengan komputer. Monitor komputer merupakan sebuah layar yang dapat menampilkan output yang dihasilkan oleh komputer dan memiliki kemampuan grafis sehingga dapat dinikmati oleh penggunanya. Sejarah perkembangan monitor komputer berawal pada tahun 1938 dan terjadi dalam dua fase. Fase pertama ketika ditemukannya tabung sinar katoda oleh seorang ilmuwan Jerman. Fase kedua yang merupakan tahap awal pengembangan monitor komputer dimulai ketika ditemukannya teknologi LCD dengan Kristal Cairan oleh ahli Kimia Austria, Friedrich Reinitzer.


Pada awal perkembangannya, komputer menggunakan televise sebagai layar. Metode ini memiliki kelemahan yang disebabkan oleh kemampuan televise yang hanya bisa menampilkan 40 karakter. Sehingga pada tahun-tahun berikutnya IBM mulai memproduksi monitor komputer dengan berbagai teknologi. Mulai dari monitor komputer jenis CGA (Color Graphics Adapter) yang memiliki resolusi 160 x 200/640 x 200, dan mampu menampilkan hingga 16 warna, EGA (Enhanched Graphics Adapter) dengan resolusi 640 x 350, VGA (Video Graphics Adapter) dengan mengusung teknologi standar analog video. Hingga monitor jenis XGS2 yang memiliki 2 tipe resolusi; 800 x 600 piksel yang mampu menghasilkan 16 juta warna, dan resolusi 1024 x 768 piksel dengan kemampuan menghasilkan 65 ribu warna.


Generasi terbaru dari monitor komputer saat ini telah berhasil mengusung teknologi Liquid Crystal Display atau lebih dikenal dengan istilah LCD. LCD kini sudah mendominasi penggunaan monitor untuk layar PC ataupun notebook. Dengan kebutuhan akan daya listrik yang cukup rendah, LCD kini menjadi pilihan favorit pengguna komputer. Ditambah lagi dengan bentuknya yang ramping dan tipis dan mampu menampilkan gambar dengan resolusi tinggi.


LCD terdiri dari banyak titik cahaya yang merupakan sebuah kristal cair yang berfungsi sebagai sumber cahaya, dengan mendapatkan cahayanya dari sebuah perangkat lampu neon yang berwarna putih dan diletakkan dibelakang susunan kristal cair tadi.


Bagaimana sejumlah titik cahaya ini mampu menghasilkan sebuah gambar? Titik cahaya yang jumlahnya bisa mencapai ribuan ini berkumpul, lalu membentuk sebuah tampilan/penampakan. Arus listrik yang dialirkan akan melewati kutub kristal-kristal cair dan akan berubah karena pengaruh dari polarisasi medan magnetik. Pengaruh dari medan ini memungkinkan terjadi pemilihan warna, dimana hanya akan ada beberapa warna yang diteruskan sehingga mampu menghasilkan gambar yang sangat tajam/cerah. Teknologi ini menghasilkan monitor yang dikenal dengan nama Flat Panel Display.


Kualitas gambar yang dihasilkan oleh LCD cenderung dioptimalkan pada satu resolusi saja, dimana hanya pada pixel horizontal dan vertical. Skala resolusi yang dimiliki sebuah LCD antara 1024 x 768 atau 1280 x 1025 piksel. Jika pemakaian menggunakan resolusi rendah, maka kualitas gambar yang dihasilkan tidak terlalu tajam/bersih. Ada beberapa hal yang menyebabkan hasil gambar yang lebih tajam dengan penggunaan LCD, antara lain : Adanya kesesuaian antara piksel gambar yang akan ditampilkan dengan elemen penyusun LCD, serta daya kontras LCD yang jauh lebih besar dibandingkan jenis monitor lainnya.


Sehingga semakin banyak pengguna komputer yang lebih memilih menggunakan LCD, karena selain alas an yang telah disebutkan diatas, penggunaan LCD tidak membutuhkan ruang luas pada meja komputer karena didukung oleh bodi yang ramping dan bobotnya yang sangat ringan.

Freestyle Motor | Laptop Asus Terbaru



Related Posts