Pengertian Android dan Perkembangannya

 0
Pengertian Android dan Perkembangannyaby Ghazali Kareem Iffredistaon.Pengertian Android dan PerkembangannyaEmail Print Zaman sekarang siapa yang tidak mengenal kata Android. Android sendiri mulai popular dikalangan pengguna gadget pada pertengahan tahun 2007, karena penggunaanya yang mudah dan harga yang sangat terjangkau. Jika dulu sistem operasi smartphone yang terkenal adalah Symbian, lain lagi saat ini, Android telah menguasai pasaran smartphone. Pengertian Android itu sendiri adalah suatu operating system yang dibuat berbasiskan program kernel Linux, […]
Zaman sekarang siapa yang tidak mengenal kata Android. Android sendiri mulai popular dikalangan pengguna gadget pada pertengahan tahun 2007, karena penggunaanya yang mudah dan harga yang sangat terjangkau. Jika dulu sistem operasi smartphone yang terkenal adalah Symbian, lain lagi saat ini, Android telah menguasai pasaran smartphone. Pengertian Android itu sendiri adalah suatu operating system yang dibuat berbasiskan program kernel Linux, dimana Android diproduksi khusus untuk dipergunakan pada smartphone atau tablet PC. Android merupakan perangkat lunak yang mencakup aplikasi pada sistem operasi, middleware, dan key. Nama Android sendiri diambil dari perusahaan pertama penemunya yaitu android.inc.


Android dibuat berdasarkan basis open sources yang memungkinkan para pengguna untuk menciptakan aplikasi yang mereka inginkan sendiri untuk digunakan. Aplikasi ini meliputi fasilitas social network, e-mail, permainan, hingga pemutar musik. Kelebihan yang dimiliki OS Android ini membuat gadget yang mengusungnya memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan gadget yang menggunakan OS jenis lainnya. Selain itu, untuk memiliki OS ini kita sebagai pengguna tidak membutuhkan lisensi seperti ketika menggunakan Windows. Smartphone produksi pertama yang mengusung OS Android diproduksi oleh HTC, yaitu HTC Dream.


Akuisasi yang dilakukan oleh pihak Google terhadap Android pada tahun 2007 merupakan salah satu faktor pendukung dari perkembangan pesat dan kepopuleran Android. Google yang membeli lisensi dari android.inc sekaligus memproklamirkan Android sebagai perangkat lunak yang digunakan pada smartphone dan tablet PC.


Saat ini terdapat dua jenis distributor resmi untuk system operasi berbasiskan Android :

  1. Distributor dengan dukungan penuh dari Google/GMS (Google Mail Services)
  2. Distributor tanpa dukungan langsung dari Google, yang dikenal dengan sebutan Open Handset Distribution.

Semenjak pertama diproduksi hingga tahun 2013 ini, Android terus memperbaiki berbagai versi yang telah dikeluarkannya. Android saat ini memiliki beberapa versi, antara lain :

  1. Android versi 1.1
  2. Android versi 1.5 atau dikenal dengan Cupcake
  3. Android versi 1.6 atau dikenal dengan Donut
  4. Android versi 2.0 atau dikenal dengan Eclair
  5. Android versi 2.2 atau dikenal dengan Froyo
  6. Android versi 2.3 atau dikenal dengan Gingerbread
  7. Android versi 3.0 atau dikenal dengan Honeycomb
  8. Android versi 4.0 atau dikenal dengan Ice Cream Sandwich
  9. Android versi 4.1 atau dikenal dengan Jelly Bean
Hadir pertama kali di dunia gadget pada 2009 melalui versi perdananya versi 1.1, dan 4 tahun kemudian Android telah berhasil memproduksi versi terbaru mereka, Android versi 4.1 yang dikenal dengan sebutan Jelly Bean, yang sudah mengalami perkembangan pesat pada berbagai bidang aplikasinya. Beberapa fitur aplikasi yang diberikan oleh Android :
  • Kerangka aplikasi yang mempermudah pengguna pada peng-installan dan menghapus aplikasi.
  • Grafik 2D dan 3D.
  • Penyimpanan data dengan metode SQLite.
  • Mampu menampilkan audio, video dan gambar dalam berbagai format.
  • Bluetooth, WiFi, GSM/EDGE/3G hingga 4G
  • Kamera, GPS, kompas dan accelerometer.
  • Dalvik mesin virtual yang memaksimalkan penggunaan Android pada smartphone.



Related Posts