Pengertian belajar berdasarkan pendapat beberapa ahli

 0
Pengertian belajar berdasarkan pendapat beberapa ahliby Ghazali Kareem Iffredistaon.Pengertian belajar berdasarkan pendapat beberapa ahliEmail Print Pengertian belajar mempunyai banyak versi. Menurut Ernest H. Hilgard, pengertian belajar adalah mampu untuk melakukan sesuatu yang dilakukan sebelum ia belajar atau bila kelakuannya berubah sehingga lain caranya menghadapi sesuatu situasi daripada sebelum itu. Ernest H. Hilgard adalah seorang psikolog dan professor di Stanford University. Jadi menurut beliau, belajar merupakan perubahan perlakuan dalam […]
Pengertian belajar mempunyai banyak versi. Menurut Ernest H. Hilgard, pengertian belajar adalah mampu untuk melakukan sesuatu yang dilakukan sebelum ia belajar atau bila kelakuannya berubah sehingga lain caranya menghadapi sesuatu situasi daripada sebelum itu. Ernest H. Hilgard adalah seorang psikolog dan professor di Stanford University. Jadi menurut beliau, belajar merupakan perubahan perlakuan dalam mengambil tindakan terhadap suatu permasalahan. 

Misalnya  seseorang menghadapi suatu masalah, kemudian orang tersebut menetapkan suatu aksi untuk mengatasi permasalahannya. Sehingga dari aksi tersebut dapat dilihat seperti apa hasil dari tindakan yang diambil. Jika menghadapi permasalahan yang sama di masa yang akan datang, lalu dia tahu apa yang harus dia lakukan dan yang tidak seharusnya dilakukan, maka bisa dikatakan bahwa orang tersebut telah belajar dari pengalaman. 

Pengertian belajar menurut Nasution adalah menambah dan mengumpulkan sejumlah pengetahuan. Jadi, selama kita belajar, kita harus mengumpulkan sesuatu yang tidak kita ketahui lalu mencari tahu sebanyak-banyaknya. Albert Enstein, bapak fisika dunia mengklaim bahwa dirinya bukanlah orang yang pandai, pinta, atau berbakat. Beliau hanyalah orang yang mempunyai rasa ingin tahu yang sangat sangat besar. Awalnya, Enstein dianggap sebagai anak yang terbelakang karena sering bertanya. Tapi ternyata, justru karena banyak yang beliau tanyakan, semakin banyak yang diketahuinya. 

Maka dari itu, pengertian belajar juga termasuk tidak malu untuk bertanya kepada orang yang lebih menguasai suatu ilmu. Namun jika ada yang bertanya kepada kita, seharusnya kita juga harus menjawab apa yang kita ketahui. Berbagi ilmu tidak akan membuat kita semakin bodoh. Dengan berbagi ilmu, kita akan semakin menguasai ilmu tersebut karena kita sering mengasahnya sehingga tidak lupa. Cara untuk belajar bisa melalui dua cara, yaitu melalui pendidikan formal dan pendidikan non-formal. Pendidikan formal misalnya belajar di sekolah, tempat les, tempat seminar, tempat pelatihan, dan sebagainya. 

Sedangkan pendidikan non- formal contohnya belajar dari suatu kegiatan di lapangan. Apa yang bisa didapatkan dari pendidikan non- formal sifatnya relatif. Setiap orang bisa saja mendapatkan pengalaman yang berbeda – beda meskipun berada dalam suatu keadaan lapangan yang sama. Apa yang di dapat oleh seseorang tergantung pada pemahaman masing-masing. Biasanya orang yang senang membaca akan memiliki wawasan yang lebih luas. Terkadung mereka juga mampu menganalisa suatu pemasalahan dari sudut pandang yang berbeda. 

Hal ini karena mereka memiliki pengetahuan lebih, jadi apa yang mereka pikirkan juga menjadi beragam. Pengertian belajar yang lain adalah suatu perubahan dari dalam diri sendiri dari yang awalnya tidak tahu menjadi tahu dan dari tidak mampu menjadi mampu.  Setiap orang mempunyai pendapat yang berbeda untuk mendefinisikan pengertian belajar. Nah, apa pengertian belajar menurut versimu sendiri?

Sejarah matematika | Sistem manajemen pendidikan



Related Posts