Pengertian Penduduk dan Sensus Penduduk

 0
Pengertian Penduduk dan Sensus Pendudukby Ghazali Kareem Iffredistaon.Pengertian Penduduk dan Sensus PendudukEmail Print Pengertian penduduk adalah sekumpulan individual permanen dari jenis yang sama yang ada di area atau waktu tertentu. Tingkat definisinya berada di bawah pengertian dari spesies. Spesies terdiri dari banyak penduduk. Penduduk sendiri digambarkan melalui waktu, ruang, jumlah dan jenisnya. Penduduk juga tidak statis. Penduduk terus berubah selama berjalannya waktu. Sehingga, waktu adalah parameter […]
Pengertian penduduk adalah sekumpulan individual permanen dari jenis yang sama yang ada di area atau waktu tertentu. Tingkat definisinya berada di bawah pengertian dari spesies. Spesies terdiri dari banyak penduduk. Penduduk sendiri digambarkan melalui waktu, ruang, jumlah dan jenisnya. Penduduk juga tidak statis. Penduduk terus berubah selama berjalannya waktu. Sehingga, waktu adalah parameter terpenting serta paling krusial dalam penjelasan mengenai penduduk. 

Jumlah individual dan tipenya memainkan peran penting dalam penjelasan mengenai penduduk. Jumlah individual dalam penduduk menciptakan jumlah penduduk. Jumlah penduduk ini termasuk dalam jenis laki-laki dan wanita, atau betina dan jantan. Ruang yang digunakan sebagai tempat tinggal penduduk disebut dengan area. Untuk organisme daratan terdiri dari dua dimensi, sedangkan untuk organisme air terdiri dari tiga dimensi.

Yang dimaksud dengan kepadatan penduduk adalah jumlah individual dari spesies yang ada di tiap unit area dan di waktu tertentu. Dalam hal ini semua individual dihitung dan dicitrakan dengan huruf N yang ada di waktu tertentu dan dibagi dengan jumlah unit ruang yang dicitrakan dengan huruf S. Jumlah perhitungan dan contohnya adalah metode utama dari perhitungan. Jumlah totalnya termasuk semua individual yang diambil contoh termasuk individual yang ada di area tertentu. Kepadatan penduduk sama dengan jumlah individual dibagi dengan unit ruang.

Sensus penduduk menyediakan gambaran lengkap dan terpercaya dari penduduk suatu negara dan karakteristiknya. Dalam sensus, data dikumpulkan pada waktu tertentu dari seluruh penduduk; berbeda dengan survei lain, yang informasinya dikumpulkan hanya dari sebagian kecil penduduk, dan dari sensus tersebutlah kesimpulan diambil mengenai penduduk secara umum.

Sensus penduduk itu unik karena sensus ini menyediakan penelitian terhadap kelompok penduduk yang kecil dan spesial, serta mendapatkan informasi dari unit geografis yang kecil (lokal, lingkungan sekitar). Periode waktu sensus penduduk ditentukan oleh masing-masing negara.

Sensus adalah salah satu sumber informasi penting yang menyediakan dasar bagi setiap statistik resmi di negara tersebut.

Sensus penduduk, berdasarkan definisi saat ini, adalah proses lengkap dari pengumpulan, penerimaan, pemeriksaan, analisis, publikasi, dan distribusi dari data demografis, ekonomis, dan sosial, yang berhubungan dengan, waktu tertentu, terhadap seluruh penduduk di sebuah negara atau area geografis tertentu.

Sumber dari kata ‘sensus (census)’ berasal dari kata Latin ‘censere’, yang artinya – tidak terduga – bukanlah ‘menghitung’ tapi lebih kepada ‘memeriksa’, atau dalam istilah statistik, ‘untuk memperkirakan’. Meskipun terdengar cukup aneh, meskipun proses yang dijalankan pada hal ini telah besar, tidak ada metode praktis untuk menentukan secara akurat dan lengkap jumlah dan karakteristik penduduk besar manapun. Sensus, oleh karena itu, menunjukkan hanya perkiraan yang mendekati, tapi tetap merupakan tolok ukur yang cukup baik.

Seluk Beluk Olahraga Basket | Arti Pancasila