Pengertian Protein dan manfaatnya

 0
Pengertian Protein dan manfaatnyaby Ghazali Kareem Iffredistaon.Pengertian Protein dan manfaatnyaEmail Print Kamu mungkin sudah tahu kalau kamu harus mengkonsumsi protein kan? Tapi tahukah kamu apa itu pengertian protein? Banyak makan mengandung protein, tapi sumber terbaik dari protein adalah dari daging sapi, ayam, ikan, telur, susu, kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang polong. Protein membentuk, mengatur, dan menggantikan jaringan di dalam tubuhmu. Ototmu, organ dalam tubuhmu, dan […]
Kamu mungkin sudah tahu kalau kamu harus mengkonsumsi protein kan? Tapi tahukah kamu apa itu pengertian protein? Banyak makan mengandung protein, tapi sumber terbaik dari protein adalah dari daging sapi, ayam, ikan, telur, susu, kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang polong.


Protein membentuk, mengatur, dan menggantikan jaringan di dalam tubuhmu. Ototmu, organ dalam tubuhmu, dan sistem kekebalan tubuhmu dibuat hampir sebagian besar oleh protein.


Tubuhmu menggunakan protein yang kamu konsumsi untuk membuat banyak molekul protein spesial yang memiliki tugasnya masing-masing. Sebagai contoh, tubuhmu menggunakan protein untuk membuat hemoglobin, bagian dari sel darah merah yang membawa oksigen ke setiap bagian tubuhmu.


Protein lain digunakan untuk membangun otot jantung. Sebenarnya, saat kamu sedang berlari atau hanya sedang duduk duduk santai, protein di dalam tubuhmu sedang melakukan hal-hal penting yang membuatmu bisa menggerakkan kakimu, bernafas, dan mencegah penyakit masuk ke tubuhmu.


Saat kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, sistem pencernaan di perut dan ususmu sedang bekerja. Mereka memecah protein dalam makanan menjadi unit-unit yang disebut asam amino. Asam amino dapat digunakan kembali untuk membuat protein yang dibutuhkan tubuhmu untuk memelihara otot, tulang, darah, dan organ tubuhmu.


Protein kadang-kadang digambarkan sebagai kalung panjang yang memiliki bentuk berbeda-beda. Setiap bentuknya adalah asam amino. Asam amino ini dapat bergabung satu sama lain untuk membuat ribuan protein. Peneliti menemukan banyak jenis asam amino dalam protein, tapi 22 di antaranya adalah yang paling penting bagi kesehatan manusia.


Dari 22 asam amino tersebut, tubuhnya membuat 13 di antaranya secara otomatis. Tubuhmu tidak bisa membuat 9 asam amino sisanya secara otomatis, tapi bisa didapat dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein. Ini yang disebut dengan asam amino esensial karena sangat penting untuk mendapatkannya dari setiap makanan yang kamu makan.


Protein berasal dari sumber hewani, seperti daging dan susu, dan protein ini disebut protein lengkap, karena mengandung kesembilan asam amino esensial. Kebanyakan protein yang berasal dari nabati dianggap tidak lengkap karena biasanya kekurangan satu atau lebih asam amino esensial. Hal ini bisa menjadi masalah bagi orang yang tidak makan daging atau susu. Tapi mereka yang melakukan diet vegetarian masih bisa mendapat asam amino esensialnya melalui berbagai macam jenis sayuran tinggi protein.


Sebagai contoh, kamu tidak bisa mendapat semua asam amino yang dibutuhkan jika kamu hanya makan kacang-kacangan saja, tapi jika kamu memakan selai kacang di atas roti gandum maka itu bisa mencukupi kebutuhan proteinmu. Begitu juga jika kamu makan kacang merah saja, hal itu tidak akan melengkapi kebutuhan proteinmu, tapi jika kamu makan kacang merah bersama nasi maka protein yang kamu butuhkan akan lengkap.


Hal yang terpenting adalah kamu tidak harus memakan semua makanan yang mengandung asam amino setiap kali kamu makan. Selama kamu mengkonsumsi bermacam-macam sumber protein setiap harinya, tubuhmu akan memilih dan mengambil sendiri protein yang dibutuhkan oleh tubuh dari setiap makananmu.