Pentingnya Pendidikan Bagi Anak

 0
Pentingnya Pendidikan Bagi Anakby Ghazali Kareem Iffredistaon.Pentingnya Pendidikan Bagi AnakEmail Print Pentingnya Pendidikan Bagi Anak (22/03) – Seorang anak lahir dan dibesarkan dalam sebuah keluarga, semua berawal dari pendidikan di dalam keluarga. Pendidikan awal merupakan sebuah dasar terpenting dalam membentuk sebuah karakter manusia, maka dari itu orang tua mempunyai hak, kewajiban dan tanggung jawab yang besar untuk membentuk atau memberikan pendidikan bagi seorang anak […]
Pentingnya Pendidikan Bagi Anak (22/03) – Seorang anak lahir dan dibesarkan dalam sebuah keluarga, semua berawal dari pendidikan di dalam keluarga. Pendidikan awal merupakan sebuah dasar terpenting dalam membentuk sebuah karakter manusia, maka dari itu orang tua mempunyai hak, kewajiban dan tanggung jawab yang besar untuk membentuk atau memberikan pendidikan bagi seorang anak karena salah satu hal paling penting yang ada dalam kehidupan yaitu pendidikan. Pendidikan tidak hanya ada didalam keluarga, namun di masyarakat atau lingkungan semua akan memberikan pendidikan dan pengaruh dalam terbentuknya karakter manusia itu sendiri. 
Dan di dalam keluarga, orang tua harus berperan sebagai pengontrol bagi seorang anak. Diluar ruang lingkup keluarga, anak bisa mempelajari hal apapun dari orang lain baik hal buruk maupun hal yang baik, dan dari pembelajaran tersebut seorang anak akan berkembang sehingga nantinya akan memiliki suatu proses kehidupan sendiri, itulah yang menjadi dasar mengapa orang tua harus memberikan “tiang” yang kokoh sejak dini agar nantinya terbentuklah karakter yang bisa memilah mana yang baik untuk dilakukan ataupun yang tidak. 
Jika didalam suatu keluarga seorang anak sudah terdidik dengan baik, maka di lingkungan luar sang anak akan lebih baik dalam menjalani sebuah proses kehidupan. Orang tua yang terlalu sibuk dengan pekerjaan untuk mencari nafkah terkadang melupakan suatu hal yang penting bahwa seorang anak tidak hanya memerlukan materi, tetapi juga perhatian dan kasih sayang. hal ini nantinya akan memberikan dampak yang buruk bagi seorang anak. Anak akan merasa tidak dihargai dan tidak memiliki peran penting dalam sebuah keluarga, sebab seorang anak akan merasa bahwa ada atau bahkan tidak adanya mereka tidak berdampak apapun bagi kedua orang tuanya yang terlalu sibuk mencari uang.
        
Pentingnya pendidikan juga tidak hanya dibentuk dari sebuah keluarga, pendidikan yang formal misalnya sekolah juga sangat berperan penting bagi kehidupan seorang anak. Ilmu merupakan warisan yang sangat berharga dibandingkan uang. Mulai sejak dini orang tua harus bisa menentukan dimana seorang anak akan mendapatkan pendidikan formal, tentunya setiap orang tua menginginkan pendidikan yang terbaik bagi setiap anak-anaknya. Selain itu pendidikan agama juga tidak kalah pentingnya, dari sejak dini orang tua harus memperkenalkan Tuhan pada seorang anak, bagaimana cara beribadah dan aturan-aturan apa yang dilarang dalam agama tersebut sehingga pendidikan formal dan pendidikan agama akan mendapatkan porsi yang sama. 
Anak yang hanya pintar dalam mata pelajaran tanpa mengerti agama, hidupnya cenderung tidak seimbang, begitupula seorang anak yang hanya mengerti tentang agama tanpa mau mengerti ilmu pengetahuan. Berbeda jika seorang anak yang  memahami dua hal penting tersebut, ilmu pengetahuan yang dipelajari akan mempermudah untuk menjani kehidupan sedangkan ilmu agama yang didapat akan menuntun seorang anak tetap pada jalan yang benar menurut agama.
Energi Kinetik | Mengenal Dunia Hewan



Related Posts