Peran Penyebab Pencemaran Air Pada Rusaknya Lingkungan

 0
Peran Penyebab Pencemaran Air Pada Rusaknya Lingkunganby Ghazali Kareem Iffredistaon.Peran Penyebab Pencemaran Air Pada Rusaknya LingkunganEmail Print Melihat perkembangan masyarakat sekarang yang cenderung berubah kearah modern, memberikan berbagai dampak, baik yang positif maupun yang negative. Banyak diantara memberikan sumbangsih dampak positif, tapi banyak juga yang memberikan dampak negatif. Salah satunya adalah pembangunan yang merata keseluruh daerah. Hal ini memberikan dampak positif dan negatif bagi lingkunga. Kemajuan selalu diiringi dengan pembangunan.  […]
Melihat perkembangan masyarakat sekarang yang cenderung berubah kearah modern, memberikan berbagai dampak, baik yang positif maupun yang negative. Banyak diantara memberikan sumbangsih dampak positif, tapi banyak juga yang memberikan dampak negatif. Salah satunya adalah pembangunan yang merata keseluruh daerah. Hal ini memberikan dampak positif dan negatif bagi lingkunga. Kemajuan selalu diiringi dengan pembangunan. 
Hal ini sangatlah berpengaruh kepada lingkunga. Hal yang sekarang marak dibicarakan adalah pencemaran lingkungan. Yang secara langsung merusak lingkungan kita. Dampak yang paling jelas terlihat dari pencemaran lingkungan adalah tercemarnya air sebagai materi utama penunjang hidup manusia. Pencemaran air akhir-akhir ini memang sedang menjadi sorotan. Apa sajakah penyebab pencemaran air? Berbagai opini dari masyarakat ataupun yang sudah diuji menggunakan ilmu pengetahuan, menunjukan ada banyak hal yang menyebabkan pecemaran air pada lingkungan.
Penyebab pencemaran air sebenarnya dapat berasal dari bebagai macam sumber. Air yang menjadi kebutuhan pokok manusia memang terdapat dimana-mana. Kita bisa menjumpai air dimanapun kita berada. Begitu pula dengan pencemaran air ini, sekarang ini banyak sekali tempat-tempat yang airnya tercemar, sehingga masyarakat tidak dapat menggunakan air tersebut dengan baik. Makna dari air tercemar itu sendiri adalah apabila air tersebut tidak dapat bekerja lagi sebagai fungsinya karena adanya perubahan warna, bau maupun rasa. Beberapa penyebab pencemaran air merupakan ulah tangan manusia. Aktifitas manusia yang banyak berhubungan dengan alam menjadi pemicu adanya pencemaran air. Pencemaran air dapat disebabkan adanya limbah industri maupun limbah pabrik yang dibuang sembarangan oleh manusia kedalam sungai, danau ataupun kali, sehingga merusak air itu sendiri dan ekosistem yang ada pada tempat tersebut.
Pencemaran air juga dapat disebabkan oleh aktifitas manusia seperti membuang sampah pada aliran sungai yang menyebabkan sungai kotor dan airnya tidak dapat digunakan unruk kebutuhan pokok. Namun, tidak semua pencemaran air dikarenakan oleh tangan manusia. Kejadian alam seperti bencana alam dan gunung meletus merupakan contoh dari pencemaran alami apda air. Kandunga  zat berbahaya yang dikeluarkan pada saat terjadinya erupsi gunning dapat mencemari aliran sungai yang ada didaerah tersebut. Kemudian, adanya radiasi dari zat kimia berbahaya seperti nuklir, menjadikan pencemaran pada air yang mengandung zat tersebut. Penggunaan zat kimia seperti insektisida dan pestisida pada tanaman juga menjadi salah satu penyebab pencemaran air. Zat yang terkandung dalam air akan sangat berbahaya apabila masuk kedalam tubuh manusia.
Dampak dari pencemaran air tidak hanya merusak lingkungan, tetapi juga merusak ekosistem yang ada pada tempat tersebut. Manusia yang sangat bergantung kepada air juga merasakan dampaknya. Tercemarnya air menjadikan pasokan air bersih berkurang dan timbulnya berbagai macam penyakit yang dipicu oleh air yag tidak bersih dan lingkungan yang kurang baik. Hendaknya, kita lebih bisa mencintai lingkungan dengan mengurangi potensi pencemaran air. Dengan langkah bijak sperti tidak membuang limbah industry pada aliran sungai dan tidak membuang sampah pada aliran sungai. Mengurangi penggunaan zat kimia seperti insektisida juga akan sangat berpengaruh pada kelangsungan air dilingkungan kita.



Related Posts