Tips Memulai Variasi Mobil Dengan Tepat

 0
Tips Memulai Variasi Mobil Dengan Tepatby Ghazali Kareem Iffredistaon.Tips Memulai Variasi Mobil Dengan TepatEmail Print Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menemukan mobil dengan berbagai variasi yang memukau mata, bahkan ada juga yang membuat mata anda bingung karena variasi mobil itu lebih mirip toko berjalan. Itu bukan hal yang tidak mungkin terjadi. Variasi mobil boleh dilakukan selama variasi tersebut tidak membahayakan dan tetap mengutamakan faktor keamanan dan kenyamanan yang […]
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menemukan mobil dengan berbagai variasi yang memukau mata, bahkan ada juga yang membuat mata anda bingung karena variasi mobil itu lebih mirip toko berjalan. Itu bukan hal yang tidak mungkin terjadi. Variasi mobil boleh dilakukan selama variasi tersebut tidak membahayakan dan tetap mengutamakan faktor keamanan dan kenyamanan yang dimiliki oleh mobil tersebut. Variasi mobil yang dilakukan haruslah tepat dan aman bagi si pengemudi mobil.
Pemilihan variasi mobil mampu memberi nilai lebih pada penampilan kendaraan kita dan memukau orang yang melihatnya. Sehingga ada beberapa faktor yang tetap harus diperhatikan jikan ingin melalukan variasi mobil agar tetap aman dan nyaman :
Boneka & Parfum mobil. Boneka ataupun parfum mobil sering diletakkan pemilik di dashboard mobil. Peletakan ini haruslah tidak mengganggu akses penglihatan pengemudi terhadap jalanan. Dan saat peletakan, pastikan benda-benda tersebut sudah terpasang dengan lem yang kuat dan erat. Hal ini untuk menghindari jatuhnya benda-benda tersebut saat perjalanan, dan sang pengemudi tanpa sadar akan berusaha menangkapnya agar tidak terjatuh. Tentu saja hal ini sangat membahayakan pengemudi juga orang-orang lain disekitarnya. Selain itu menempelkan boneka gantung pada kaca belakang mobil yang menghalangi pandangan melalui kaca spion tengah juga berbahaya. Jika memang ingin menempelkan boneka gantung, tempelkanlah dikaca samping mobil yang tidak bisa dibuka-tutup.
Stir mobil. Beberapa mobil biasanya setelah beberapa waktu dibeli, akan mengalami perubahan jenis stir yang digunakan. Jika ingin menggunakan variasi stir, sebaiknya pilihlah bahan yang tidak terbuat dari kayu agar tidak mudah patah ketika ada benturan dan membahayakan pengemudi. Sejatinya, stir asli dari pabrikan didesain sedemikian rupa agar memenuhi standar keamanan mobil. Menggunakan alat bantu pemutar stir juga sebaiknya dihindari jika tidak benar-benar dibutuhkan, karena hasil yang didapat tidak akan semaksimal dengan memutar stir menggunakan kedua tangan.
TV mobil. Penambahan variasi TV didalam mobil akan mempengaruhi konsentrasi saat mengemudi. Adanya visual gambar yang bergerak secara tidak sadar akan membuat mata pengemudi melirik kepada monitor TV, dan tentu saja jika hal ini terjadi konsentrasi terganggu dan bahaya sudah mengintai. Selain itu adanya warna-warna kontras yang ditampilkan bisa menyilaukan mata pengemudi, terutama jika perjalanan dengan mobil dilakukan pada malam hari. Sebaiknya TV mobil diletakkan dibagian yang berjauhan dengan pengemudi, misal di bagian belakang kursi baris depan.
Sound system. Penempatan sound system biasanya dilakukan dibagian belakang mobil/bagasi. Variasi-variasi sound system biasanya menghasilkan suara dengan volume yang keras dan tajam. Hal ini akan mengurangi respon pengemudi terhadap suara-suara yang datang dari luar, seperti klakson kendaraan lain. Ada juga variasi ini yang menggunakan speaker denga ukuran yang ‘luar biasa’ besar hingga menutupi akses pandangan melalu kaca spion tengah. Hindarilah variasi berlebihan seperti ini jika hanya mengurangi faktor keselamatan. Gunakanlah sound system dengan volume yang sewajarnya saja.
Lampu. Variasi lampu mobil yang ada saat ini beberapa ada yang tidak sesuai dengan standar asli pabrikan, seperti lampu utama yang diganti berwarna putih, lampu rem yang sejatinya berwarna merah diganti menjadi berwarna puti, lampu sign yang dirubah menjadi warna putih dari warna asli kuning. Perubahan yang ekstrim ini dapat membahayakan pengemudi karena tentu saja membuat bingung pengemudi lain yang ada dibelakang anda. Penggunaan warna lampu haruslah sesuai dengan standar pabrikan, karena warna-warna yang ada tersebut dibuat dengan standar tertentu dan memiliki arti tersendiri dan khusus.
Kaca Film. Penggunaan kaca film pada variasi hendaknya tidak menggunakan tipe yang terlalu gelap. Karena pada awalnya, penggunaan kaca film bertujuan untuk mengurangi cahaya matahari yang masuk. Tapi seiring dengan perkembangan zaman, penggunaan kaca film juga untuk mengurangi akses penglihatan dari luar kebagian dalam mobil untuk menghindari tindak kejahatan di lingkungan sekitar. Penggunaan kaca film yang terlalu gelap akan mengurangi daya pandang pengemudi terhadap jalanan, terutama jika malam hari akan membutuhkan pandangan ektra jika berkendara.
Jika ingin melakukan variasi mobil yang indah dan bagus, janganlah mengesampingkan faktor keamanan dan kenyaman saat mengendarai mobil itu sendiri.



Related Posts