Angin Muson di Indonesia

 0
Angin Muson di Indonesiaby Ghazali Kareem Iffredistaon.Angin Muson di IndonesiaEmail Print Angin Muson di Indonesia (13/04). Indonesia merupakan Negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Indonesia memiliki banyak pulau baik pulau besar maupun yang kecil. Mekipun banyak sekali pulau-pulau yang terpisah-pisah namun tetap wilayah Indonesia dianggap dalam satu kesatuan yang utuh bersama dengan wilayah perairan yang dimiliki. Indonesia hanya  memiliki 2 musim yakni musim […]
Angin Muson di Indonesia (13/04). Indonesia merupakan Negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Indonesia memiliki banyak pulau baik pulau besar maupun yang kecil. Mekipun banyak sekali pulau-pulau yang terpisah-pisah namun tetap wilayah Indonesia dianggap dalam satu kesatuan yang utuh bersama dengan wilayah perairan yang dimiliki. Indonesia hanya  memiliki 2 musim yakni musim kemarau dan musim hujan. Kondisi musim tersebut yang ada di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa factor, diantaranya adalah fenomena iklim global dan iklim regional. 
Terdapat dua benua dan dua samudra yang mengapit Indonesia. Posisi atau kedudukan ini terletak jika dilihat dari posisi yang sebenarnya atau biasa juga disebut dengan posisi relative dan dinamakan letak georgafis. Dua benua yang mengapit Indonesia adalah benua Australia dan benua asia sedangkan dua samudra yang mengapit yaitu samudra hindia dan pasifik. Dan karena Indonesia berada pada letak geografis ini maka bertiuplah angin muson di Indonesia. Di Indonesia terdapat dua macam angin muson, yakni angin musom barat dan angin muson timur. Adanya angin muson ini menyebabkan terjadinya musim di Indonesia. 
Pada bulan oktober sampai bulan februari, sebagian besar wilayah di Indonesia akan mengalami musim hujan, sebab di bulan ini terjadi angin muson barat. Angin muson barat bertiup dari benua asia ke Australia sebab pada bulan ini tekanan udara di benua asia lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan di benua Australia, dan bertiuplah angin sehingga angin tersebut juga melewati samudra hindia dan juga samudra pasifik, maka angin tersebut akan mengandung banyak uap air. 
Sehingga terjadilah musim hujan di Indonesia pada bulan tersebut. Sedangkan angin muson timur terjadi sebaliknya, angin ini bertiup dari bulan april sampai bulan agustus dan menyebabkan di Indonesia terjadi musim kemarau sebab angin ini tidak membawa uap ai seperti angin muson barat. Angin ini melewati padang rumput yang sangat luas dan bertiup dari benua Australia dan benua asia. Namun pada pertengahan musim ini terkadang musim yang terjadi di Indonesia menjadi tak menentu sehingga musim ini disebut sebagai musim pancaroba.
            
Bertiupnya angin muson, baik angin muson barat maupun timur menyebabkan pengaruh musim di Indonesia. Penyebab bertiupnya angin ini karena adanya perbedaan tekanan, angin akan bertiup dari tekanan udara yang lebih tinggi menuju pada tekanan udara yang lebih rendah. Maka dari itu pada musim penghujan angin bertiup dari benua asia ke australia sebab tekanan udara di benua asia lebih besar dibandingkan di benua Australia. Begitu juga sebaliknya terjadi di musim kemarau, tekanan udara di benua Australia tinggi sehingga angin bertiup dari benua Australia ke benua Asia.
  



Related Posts