Cara mengetahui Nomor Registrasi Guru

 0
Cara mengetahui Nomor Registrasi Guruby Ghazali Kareem Iffredistaon.Cara mengetahui Nomor Registrasi GuruEmail Print Nomor registrasi guru sangat diperlukan oleh seorang guru untuk mencairkan dana tunjangan sertifkasi guru. Banyak guru yang merasa kebingungan karena mereka tidak punya nomor registrasi guru sehingga dana tunjangan sertifikasi gurunya tidak bisa cair. Sebenarnya setiap guru mempunyai nomor registrasi guru masing – masing. Tapi mungkin mereka hanya tidak tahu saja bagaimana cara […]
Nomor registrasi guru sangat diperlukan oleh seorang guru untuk mencairkan dana tunjangan sertifkasi guru. Banyak guru yang merasa kebingungan karena mereka tidak punya nomor registrasi guru sehingga dana tunjangan sertifikasi gurunya tidak bisa cair. Sebenarnya setiap guru mempunyai nomor registrasi guru masing – masing. Tapi mungkin mereka hanya tidak tahu saja bagaimana cara mendapatkan nomor registrasi guru tersebut. 
Oleh sebab itu, kali ini artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara mendapatkan Nomor Registrasi Guru. Sebelum itu, saya ingatkan bahwa yang membunyai nomor registrasi guru adalah guru yang sudah melakukan sertifikasi. Selain mengetahui nomor registrasi guru, kita nanti juga akan menerima atau mencari Surat Keterangan Tunjangan Profesi secara online. Bagaimana caranya? Mari kita bahas langkah – langkahnya secara rinci. 
Yang pertama, kita harus menuju halaman website di http://www.nrg-kemdiknas.info/index.php?option=com_daftarnrg&Itemid=23. Kedua, kita pasti punya nomor NUPTK. Nah, masukkan Nomor NUPTK yang sudah ada dan klik tombol “CARI” maka akan muncul Surat Keterangan Tunjangan Profesi untuk Anda. Jika Anda ingin mencetak surat tersebut, Anda hanya perlu menekan tombol “CETAK”. Setelah klik tombol “CETAK” SK tunjangan profesi Anda tidak langsung tercetak, akan tetapi terbentuk file tersebut dalam format pdf. Simpan file tersebut. Maka surat keterangan tersebut bisa langsung dicetak. 

Website yang saya tulis tadi bukan merupakan website resmi dari kementrian pendidikan dan kebudayaan sehingga website tersebut bisa dihapus sewaktu – waktu. Seharusnya kemendikbud menyediakan sendiri website khusus yang dapat memudahkan guru yang sudah bersertifikasi untuk mencari atau mengetahui nomor registrasi guru miliknya. Dengan demikian, guru yang sudah bersertifikasi akan lebih mudah saat mengurus dana tunjangan sertifikasi gurunya. Di era perkembangan teknologi yang semakin pesat ini, semuanya diharapkan bisa diakses secara digital dan secara real time. Akses internet memungkinkan suatu proses yang panjang dan rumit menjadi lebih mudah dan singkat sehingga efisiensi yang digunakan akan lebih tinggi. 
Sekarang sudah banyak kita temui website, aplikasi, atau sistem informasi milik pemerintahan yang sudah terpadu, terintegrasi satu sama lain sehingga penyimpanan dan pengkasesan data -data penting pun semakin mudah. Jika alasan untuk tidak menggunakan aplikasi atau sistem informasi secara online adalah karena kurang amannya suatu sistem world wide web, saya kira itu terlalu berlebihan. 
Sekarang sistem informasi yang terintegrasi secara online pun bisa sangat aman dan bisa diandalkan. Bukankah perbankan pun sudah banyak menyediakan layanan electronic banking atau internet banking? Hal ini berarti transaksi data secara online bisa dilakukan secara aman. Oleh karena itu, semoga kemendikbud segera merilis sistem informasi yang dapat memberi informasi tentang nomor registrasi guru supaya lebih mudah.
Pengertian Guru | Menjadi Guru Profesional