Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen

 0
Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumenby Ghazali Kareem Iffredistaon.Konsumen Cerdas Paham Perlindungan KonsumenEmail Print Ulasan lengkap tentang Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen Menjadi konsumen yang cerdas saat ini adalah sebuah keharusan. Tidaklah terlalu susah untuk menjadi konsumen yang cerdas. Semua harus dimulai dari sekarang agar nantinya kita sendiri yang merasakan manfaat dari dari apa yang kita konsumsi. Beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan diantaranya belilah barang […]
Ulasan lengkap tentang Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen

Menjadi konsumen yang cerdas saat ini adalah sebuah keharusan. Tidaklah terlalu susah untuk menjadi konsumen yang cerdas. Semua harus dimulai dari sekarang agar nantinya kita sendiri yang merasakan manfaat dari dari apa yang kita konsumsi. Beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan diantaranya belilah barang sesuai dengan apa yang kita butuhkan bukan cuman sekedar apa yang kita inginkan, selalu cek kartu garansi dan petunjuk manual yang terdapat dalam kemasan, teliti label barang yang akan dibeli, dan kita harus memastikan apakah produk tersebut sesuai dengan standard mutu K3L.

Usahakan untuk selalu membeli produk dalam negeri. Kita juga harus menyadari, dengan kesadaran kita yang tinggi untuk membeli produk lokal, maka kita telah membantu produsen lokal untuk bisa bersaing dalam menghasilkan produk yang berkualitas. Sebagai konsumen, kita juga harus lebih responsif terhadap hak dan kewajiban yang kita miliki, misalnya hak untuk mendapatkan akses ke lembaga perlindungan konsumen. Hal ini cukup penting agar payung hukum ataupun regulasi yang telah ditetapkan pemerintah bisa berjalan efektif.

Pengawasan Pemerintah Wajib Dilakukan Demi  Terciptanya Perlindungan Terhadap Konsumen

Pengawasan secara berkesinambungan mutlak harus dilakukan untuk melindungi konsumen. Dalam hal ini Kementerian Perdagangan Republik Indonesia harus secara kontinue untuk melakukan peningkatan pengawasan terhadap peredaran barang, baik yang berupan pangan dan non-pangan. Seperti apa yang diungkapkan Wamendag Bayu Krisnamurthi pada januari yang lalu, pengawasan yang dilakukan pemerintah bertujuan untuk mendorong peningkatan produksi dalam negeri dan mencegah distorsi pasar dari peredaran barang yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Indonesia.

Wamendag juga menjelaskan, untuk meningkatkan dan mengoptimalkan perlindungan kepada konsumen, Kemendag terus meningkatkan pengawasan secara efektif dan efisien, pengawasan label dan pengawasan pendsitribusian. Hal kedua yang dilakukan Kemendag yaitu berupaya mengoptimalkan penegakan hukum dengan melakukan peningkatan penegak hukum PPNS-PK di daerah.

Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen

Jika ingin menjadi konsumen cerdas kita harus paham perlindungan konsumen yang bisa kita akses sewaktu -waktu. Pemerintah dalam hal ini terus berupaya semaksimal mungkin untuk membuat peraturan yang bisa melindungi konsumen dari segala hal yang merugikan. Beberapa waktu yang lalu, Dirjen. Standardisasi dan Perlindungan Konsumen Nus Nuzulia Ishak dengan Dirjen. Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian yang juga merupakan Kepala Badan Karantina Pertanian Banun Harpini  serta Kepala Badan POM Lucky S. Slamet melakukan penandatangan nota kesepahaman dan kerjasama Pengawasan Barang Untuk Produk Non Pangan maupun Pangan Olahan, dan juga Pangan Segar. Diharapkan dengan adanya nota kesepahaman ini akan semakin meningkatkan perlindungan yang optimal terhadap konsumen yang ada di Indonesia.

Kerjasama yang dilakukan beberapa lembaga tersebut bertujuan agar efektifitas pengawasan produk pangan maupun non pangan bisa berjalan dengan baik. Dan haql lain yang tak kalah penting adalah dengan adanya pengawasan yang intensif dapat memacu pertumbuhan usaha mikro dan usaha skala menengah.

Yang tak kalah penting adalah upaya pemerintah bersama-sama komponen-komponen dan lembaga terkait harus terus menerus melakukan sosialisasi secara luas agar segenap lapisan masyarakat bisa memahami betapa pentingnya untuk mengetahui hak-hak dan kewajiban sebagai konsumen sehingga  nanti terciptalah konsumen cerdas yang paham perlindungan konsumen secara menyeluruh.

Sumber data, gambar, artikel dan rujukan diolah dari: http://ditjenspk.kemendag.go.id/



Related Posts