Manfaat Internet Dalam Kehidupan Sehari-hari

 0
Manfaat Internet Dalam Kehidupan Sehari-hariby Ghazali Kareem Iffredistaon.Manfaat Internet Dalam Kehidupan Sehari-hariEmail Print Manfaat Internet Dalam Kehidupan Sehari-hari (12/04). Internet bukanlah hal yang baru dalam kehidupan kita sehari-hari. Internet merupakan sebuah terobosan baru dalam dunia teknologi yang membawa kemajuan dan perkembangan pesat dalam berbagai bidang. Manfaat internet dalam kehidupan sehari-hari dapat kita lihat dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari dunia pendidikan, dunia kerja hingga pemerintahan. Pada awal […]
Manfaat Internet Dalam Kehidupan Sehari-hari (12/04). Internet bukanlah hal yang baru dalam kehidupan kita sehari-hari. Internet merupakan sebuah terobosan baru dalam dunia teknologi yang membawa kemajuan dan perkembangan pesat dalam berbagai bidang. Manfaat internet dalam kehidupan sehari-hari dapat kita lihat dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari dunia pendidikan, dunia kerja hingga pemerintahan. Pada awal kemunculannya, fasilitas internet tergolong kepada barang eksklusif yang hanya dimiliki terbatas oleh orang tertentu. Tapi seiring dengan perkembangannya, serta semakin banyaknya provider penyedia layanan internet, hal ini sudah menjadi hal yang lumrah dan dapat dinikmati oleh siapa saja.


Manfaat internet dalam dunia pendidikan membawa efek langsung kepada pengajar dan peserta didiknya. Dengan tersedianya fasilitas internet, otomatis kita sebagai pengguna akan membutuhkan perangkat komputer. Untuk menggunakannya tentu saja dibutuhkan keahlian untuk mengoperasikan perangkat ini. Sehingga kita akan berusaha untuk belajar menggunakannya dan memahami cara kerjanya. Selain itu, manfaat lain yang dirasakan, kita tidak akan gaptek lagi jika suatu saat harus mengoperasikan komputer ataupun ada pelajaran tambahan komputer di sekolah.


Adanya fasilitas internet, pengajar dan peserta didiknya mampu memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan. Ketika kita berusaha menemukan solusi dan jawaban atas tugas-tugas yang diberikan di internet, secara tidak langsung kita akan membaca berbagai macam sumber informasi yang jumlahnya tentu saja tidak sedikit karena kita akan berusaha mencari referensi yang sebanyak-banyaknya.


Nah, akan tetapi, kemudahan sumber informasi yang ditawarkan oleh internet membuat beberapa golongan peserta didik lebih memilih menyalin langsung informasi yang tersedia, tanpa membaca, memilah, memilih dan mengkaji kembali informasi yang disajikan.


Jika ada beberapa pelajaran yang membutuhkan informasi tambahan atau ada materi pelajaran yang penjelasannya tidak diperoleh sepenuhnya di sekolah, kita bisa mencari informasi tambahan di internet. Saat ini, banyak artikel dan sumber pembelajaran yang menyediakan informasi pelajaran di website yang mereka kelola.


Selain sebagai sarana informasi, fasilitas internet bisa menjadi sarana berkomunikasi atau bertukar informasi dengan kerabat ataupun teman. Untuk berkomunikasi dengan kenalan yang berada sangat jauh jarak tinggalnya, komunikasi bisa dilakukan dengan cara mudah dan cepat dengan tersedianya berbagai fasilitas chatting.


Bagi masyarakat, kemunculan internet membantu penyampaian berbagai macam informasi yang berpengaruh penting dalam kehidupan. Selain itu, internet membantu menyelesaikan suatu pekerjaan dengan adanya kemudahan mengakses data atau informasi yang dibutuhkan dan penyampaian laporan pekerjaan pun bisa lebih mudah dan lebih cepat. Kemunculan internet juga ikut serta menumbuhkan forum-forum diskusi dan berbagai jejaring sosial yang bisa memperluas pergaulan, bahkan membantu kita menemukan seseorang kenalan yang sudah lama tidak diketahui keberadaan dan kabarnya dan mempererat tali silaturahmi.


Jejaring sosial juga ikut menumbuhkan berbagai jenis bisnis online yang mempermudah proses promosi, berbelanja dan sistem pembayaran, yang saat ini semakin diminati oleh orang-orang yang hobi berbelanja dan tidak memiliki cukup waktu untuk berbelanja.


Akan tetapi, kehadiran internet bukan saja membawa manfaat positif, akan tetapi ada beberapa dampak negatif yang ditimbulkannya. Seperti munculnya berbagai unsur pornografi yang saat ini mulai mendompleng situs-situs yang menyediakan informasi bagi pelajar. Unsur kekerasan dan kekejaman juga mulai bermunculan, entah melalui gambar ataupun permainan-permainan online. Sedangkan untuk bisnis online, penipuan berkedok online shop mulai bermunculan juga mulai penipuan pada produk yang dijual hingga melarikan diri ketika pelanggan telah menyelesaikan proses pembayarannya.


Tetapi apapun manfaat internet yang dibawanya, semua itu kembali lagi kepada kita sebagai pengguna, apakah akan mengambil manfaatnya atau ikut serta mengambil manfaat dari dampak negatifnya.

Aplikasi android | Komputer Terbaru