Pengertian Metode pada Computer Programming

 0
Pengertian Metode pada Computer Programmingby Ghazali Kareem Iffredistaon.Pengertian Metode pada Computer ProgrammingEmail Print Dalam programming yang berorientasi pada obyek, pengertian metode adalah sebuah subrutin (atau prosedur) yang berhubungan dengan sebuah kelas. Metode menetapkan tingkah laku yang akan ditunjukkan dengan contoh yang berhubungan dengan kelas pada run time program. Metode memiliki memiliki properti spesial yang mana di saat runtime, mereka dapat mengakses data yang disimpan dalam contoh […]
Dalam programming yang berorientasi pada obyek, pengertian metode adalah sebuah subrutin (atau prosedur) yang berhubungan dengan sebuah kelas. Metode menetapkan tingkah laku yang akan ditunjukkan dengan contoh yang berhubungan dengan kelas pada run time program. Metode memiliki memiliki properti spesial yang mana di saat runtime, mereka dapat mengakses data yang disimpan dalam contoh kelas (atau class instance atau obyek kelas atau obyek) yang terhubung sehingga dapat mengatur kondisi instance tersebut. Hubungan antara kelas dan metode disebut binding. Metode dapat terikat dengan kelas pada waktu yang tersusun (static binding) atau pada obyek saat runtime (dynamic binding).


Metode Accessor

Sebuah metode ‘accessor’ adalah metode yang biasanya kecil, sederhana dan menyediakan pengertian tunggal untuk keadaan sebuah obyek yang akan diakses dari bagian lain program.


Meskipun ini memperkenalkan kita dengan ketergantungan baru, seperti yang disebutkan di atas, penggunaan metode ini lebih disukai, pada paradigma yang berorientasi pada obyek, untuk langsung mengakses data – karena metode ini menyediakan lapisan abstrak. Sebagai contoh, jika sebuah kelas akun-bank menyediakan sebuah getBalance () metode accessor menerima saldo saat ini (dan bukan secara langsung mengakses data saldo).


Metode Kelas

Metode kelas adalah metode yang digunakan pada sebuah kelas (bandingkan dengan instance methods, atau object methods). Pengertian mungkin berbeda-beda tergantung bahasa pemrogramannya:
  • Pada beberapa bahasa (contohnya C++, Java), metode kelas sama artinya dengan metode statis, yang digunakan dengan nama kelas yang diketahui pada waktu penyusunan.
  • Pada bahasa lainnya (contohnya Smalltalk, Ruby, Objective-C), metode kelas adalah metode yang digunakan pada obyek kelas, yang dapat dikomputasi pada runtime, sehingga tidak ada perbedaan antara metode pada obyek reguler atau obyek kelas; karena kedua metode baik intance maupun kelas diselesaikan secara dinamis, tidak ada yang dinamakan metode “statis”.
  • Beberapa bahasa memiliki keduanya. Sebagai contoh, dalam Python, dapat dibuat metode kelas dan metode statik menggunakan dekorator classmethod dan staticmethod.
Metode Operator Konversi


Operator konversi menyediakan penjelasan untuk penyusun untuk secara implisit (dilakukan oleh penyusun secara otomatis jika waktunya tepat) menyediakan sebuah obyek dari sebuah tipe selain tipe dari obyek kelas.


Metode Spesial


Metode spesial adalah bahasa yang sangat spesifik dan sebuah bahasa pemrograman dapat mendukung beberapa, semuanya atau bahkan tidak ada metode spesial yang dijelaskan di sini. Penyusun bahasa dapat secara otomatis menghasilkan metode spesial default atau seorang programer dapat diberikan pilihan untuk menetapkan metode spesialnya sendiri. Beberapa metode spesial tidak dapat langsung digunakan, tapi harus menggunakan penyusun untuk menghasilkan kode untuk menggunakannya pada waktu yang tepat. Syntax untuk definisi dan pemanggilan (misalnya saat metode spesial digunakan) metode spesial berbeda-beda antara satu bahasa pemrograman satu dengan lainnya.



Related Posts