Batik Papua : Model Baju dan Keterangannya

 0
Batik Papua : Model Baju dan Keterangannyaby Ghazali Kareem Iffredistaon.Batik Papua : Model Baju dan KeterangannyaEmail Print Batik Papua (21/05). Batik saat ini sudah menjadi salah satu pakaian wajib dan sangat sering digunakan untuk acara-acara penting atau sebagai seragam. Batik adalah salah satu pakaian yang mengandung nilai kebudayaan dan adat istiadat yang sangat kental, dan merupakan warisan kebudayaan ciri khas asli bangsa Indonesia yang telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO. Batik […]
Batik Papua (21/05). Batik saat ini sudah menjadi salah satu pakaian wajib dan sangat sering digunakan untuk acara-acara penting atau sebagai seragam. Batik adalah salah satu pakaian yang mengandung nilai kebudayaan dan adat istiadat yang sangat kental, dan merupakan warisan kebudayaan ciri khas asli bangsa Indonesia yang telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO. Batik memiliki berbagai macam jenis dengan ciri khas desain dan motif tersendiri, yang unik dan khas, yang mampu mencerminkan daerah asal batik tersebut. Beberapa batik yang dikenal, seperti batik Pekalongan, batik Solo, batik Madura, dan satu lagi batik yang berasal dari daerah timur Indonesia yaitu batik Papua.
Batik Papua b
Batik Papua memang belum banyak dikenal oleh orang-orang, mungkin hanya dari kalangan pecinta batik yang lebih banyak mengenal dan mengetahui bagaimana bentuk batik Papua ini dan ciri khas yang dimilikinya. Karena belum banyak dikenal masyarakat, mungkin banyak orang yang bingung untuk membelikan oleh-oleh apa jika mereka berkunjung dari tanah Papua. Dan keadaan inilah yang menyebabkan harga jual batik Papua menjadi sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis batik-batik dari daerah lainnya. Batik Papua biasanya dibuat dari bahan dasar kain katun ataupun bahan sutra.
Sehingga batik Papua memiliki kelembutan kain yang memiliki standar yang sama dengan harga yang sedikit diatas rata-rata harga batik pada umumnya. Pemilihan kain katun digunakan untuk memberikan kenyamanan pada penggunanya dan meningkatkan daya tarik terhadap batik Papua ini. Karena kalau bahannya saja tidak membuat nyaman, maka bagaimana lebih mempromosikan batik Papua yang belum seberapa terkenal ini. Batik Papua memiliki motif dan desain yang menarik dan unik dengan penggunaan pilihan warna-warna yang cerah, salah satunya pada warna kuning, merah, hijau atau jingga.
Motif dan desain yang digunakan pada batik Papua biasanya mengangkat tema alam/natural dan tema adat kebudayaan suku Papua. Hal ini didasarkan pada masyarakat Papua yang hidupnya sangat bergantung pada alam, sehingga mereka mewujudkan rasa puji syukur dalam pemilihan motif kain batiknya. Selain itu, adanya adat istiadat yang masih begitu kokoh dan kental juga membuatnya tertuang dalam desain dan motif batik Papua yang digunakan. Desain dan motif alam/natural yang sering digunakan adalah hewan, yaitu burung Cendrawasih, yang merupakan hewan asli dari Papua dan merupakan simbol daerah ini.
Motif burung Cendrawasih ini biasanya diiringi dengan warna-warni cerah yang menggambarkan kehidupan burung Cendrawasih di alam liar dan hidup dengan bebas. Sedangkan desain dan motif batik yang mengusung tema adat istiadat biasanya menggunakan tema sosok suku Papua, patung-patung suku Asmat dalam posisi berdiri ataupun motif alur batang kayu yang membentuk suatu sosok. Penggunaan motif dan desain yang kental dengan adat istiadat biasanya hanya menggunakan dua warna saja dengan pola asimetris yang menambah kesan eksotis pada batik Papua.



Related Posts