Tumbuhan Paku : Khasiat dan Jenisnya

 0
Tumbuhan Paku : Khasiat dan Jenisnyaby Ghazali Kareem Iffredistaon.Tumbuhan Paku : Khasiat dan JenisnyaEmail Print Beragam jenis tumbuhan yang di ciptakan Allah ada di muka bumi ini. Salah satunya adalah tumbuhan paku. Tumbuhan paku sendiri merupakan jenis tumbuhan yang umumnya bersifat parasit dan umumnya pula sering dijumpai didaerah yang lembab dan berhawa dingin. Misal di daerah hutan dan pegunungan pasti sering kita menjumpai jenis tumbuhan paku. Namun tidak […]
Beragam jenis tumbuhan yang di ciptakan Allah ada di muka bumi ini. Salah satunya adalah tumbuhan paku. Tumbuhan paku sendiri merupakan jenis tumbuhan yang umumnya bersifat parasit dan umumnya pula sering dijumpai didaerah yang lembab dan berhawa dingin. Misal di daerah hutan dan pegunungan pasti sering kita menjumpai jenis tumbuhan paku. Namun tidak semua jenis tumbuhan paku hanya dapat ditemukan di daerah lembab saja. 
Ada juga tanaman yang termasuk ke dalam jenis tumbuhan paku yang ditemukan di daerah dataran rendah seperti tanaman suplir. Tumbuhan paku  sering juga dianggap sebagai tanaman pengganggu karena sifatnya parasit atau menempel pada tanaman lain. Sehingga tak heran jikalau banyak orang yang tidak menyukai kehadiran dari jenis tumbuhan paku ini. Bahkan ada yang hingga ingin membuang tanaman ini.
Di sisi lain dari sifatnya yang parasit ini ternyata banyak pula khasiat yang di peroleh dari tumbuhan paku ini. Ada yang menggunakan sebagai obat-obatan, tanaman hias dan atau mungkin dikonsumsi sebagai menu makanan sehari-hari. Karena sesenguhnya Allah dalam menciptakan sesuatu pastilah tidak akan sia-sia bagi manusia. Hanya saja manusia tersebut mengetahui apa tidak manfaat dari “sesuatu” yang sudah di ciptakan oleh Allah tersebut.
Biasanya tumbuhan paling sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan atau biasa kita sering menyebutnya dengan sayur-sayuran. Banyak sekali jenis sayur-sayuran yang biasa kita makan seperti daun singkong, daum pepaya, buncis, kacang panjang, bayam, dan lainnya. Bahkan hal itu tidak terkecuali untuk jenis tumbuhan yang bersifat parasit seperti tumbuhan paku. Banyak juga tanaman yang termasuk ke dalam jenis tumbuhan paku yang dapat di konsumsi sebagai makanan. Seperti saja tanaman pakis, Marsilea crenata atau biasa kita kenal dengan semanggi dan Salvinia natans atau ebagian besar orang mengenal dengan kiambang. Banyak cara pengelolaan agar tanaman tersebut dapat dikonsumsi. Misalkan saja di tumis, di buat sayur lalapan atau di buat berkuah santan (lodeh). Selain enak untuk dikonsumsi, jenis tanaman paku ini tentu saja menyehatkan bagi tubuh kita.
Selain untuk dikonsumsi, khasiat lain dari tanaman paku adalah sebagai bahan baku dalam memproduksi obat-obatan. Diantaranya yaitu tanaman Lycopodium clavatum, Aspidium sp dan juga Dryopteris filix-mas. Tidak semua jenis tumbuhan paku dapat di manfaatkan sebagai obat-obatan. Itupun hanya jenis tumbuhan tertentu saja. Itupun juga harus melalui proses penelitian di laboratorium.
Jenis tumbuhan paku seperti Azolla pinata yang bersimbiosis dengan tumbuhan Anabaena azollae atau ganggang biru ternyata dapat dimanfaatkan sebagai pupuk hijau pengganti pupuk yang mengandung bahan kimia. Sehingga penggunaan pupuk hijau dari jenis tumbuhan paku ini nantinya dapat dimanfaatkan sebagai pupuk alternatif untuk menyuburkan tanah yang tidak membahayakan.
Sebagai tanaman hias juga merupakan khasiat lain dari jenis tumbuhan paku ini. Dengan digunakan sebagai tumbuhan paku maka nantinya dapat membuat rumah menjadi lebih indah dan sejuk. Beberapa jenis tumbuhan paku yang dapat digunakan sebagai tumbuhan paku yaitu paku tanduk rusa (Platycerium nidus), paku sarang burung (Asplenium nidus), suplir (Adiantum cuneatum) dan juga paku rane (Selaginella wildenowii). Dengan adanya berbagai khasiat dari tumbuhan paku, maka tidak ada salahnya kan untuk menanam dan memelihara jenis tumbuhan paku ini. Mungkin kita tidak hanya melihat dari segi negatif karena tumbuhan paku merupakan jenis tumbuhan parasit saja.



Related Posts