Warna Cat Rumah Dalam Filsafat China

 0
Warna Cat Rumah Dalam Filsafat Chinaby Ghazali Kareem Iffredistaon.Warna Cat Rumah Dalam Filsafat ChinaEmail Print Dalam prinsip filsafat China atau timur yang biasa disebut Feng Shui terdapat beberapa aturan untuk mngatur warna cat dalam rumah hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan aliran energy yang terdapat di dalam rumah sehingga Yin dan Yang dapat seimbang. Untuk menciptakan dekorasi rumah yang cukup indah elemen warna sangat berperan penting dalam hal ini. […]
Dalam prinsip filsafat China atau timur yang biasa disebut Feng Shui terdapat beberapa aturan untuk mngatur warna cat dalam rumah hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan aliran energy yang terdapat di dalam rumah sehingga Yin dan Yang dapat seimbang. Untuk menciptakan dekorasi rumah yang cukup indah elemen warna sangat berperan penting dalam hal ini. dalam prinsip Feng Shui keseimbangan berpatokan pada lima elemen yang ada di bumi yakni tanah, api, air, logam dan kayu. 
Di lingkungan luar rumah juga harus dipertimbangkan pemilihan warnanya sebab warna outdoor akan merefleksikan suasana yang ada dalam rumah. Untuk ruangan yang mendapatkan pencahayaan yang cukup baik umumnya penggunaan warna cerah seperti orange dan warna coklat cukup sering menjadi pilihan. Agar tampilan rumah lebih terlihat menawan maka warna merah, kuning dan biru sangat cocok menjadi pilihan namun warna-warna ini tidak begitu cocok dan akan terlihat aneh jika digunakan pada tempat yang kurang mendapatkan sinar matahari. 
Untuk menciptakan ruangan yang lebih cerah maka penggunaan warna lantai yang juga cerah akan memberikan efek ruangan lebih cerah sebab warna yang cerah dapat memantulkan cahaya, sebaliknya warna gelap akan menyerap cahaya sehingga ruangan akan terlihat lebih gelap. Pemilihan warna juga dapat ditentukan oleh pemilik rumah, seperti apa warna dan dekorasi yang diinginkan sehingga suasana nyaman dapat tercipta dirumah sesuai dengan selera pemilik rumah. Setiap warna mempunyai kualitas positif dan negatifnya masing-masing, menurut sifat psikologis, mislanya warna merah adalah warna pemberani, penuh dengan semangat dan sangat menarik perhatian namun kualitas negatifnya warna merah mengandung arti perang, dan penuh dengan tekanan. 
Warna ini dapat dipilih jika ingin menciptakan suasana yang penuh semangat dan agresif. Berbeda lagi dengan warna hijau, warna ini mengandung arti kesehatan dan keseimbangan sedangkan dari sisi negatifnya warna hijau adalah warna pencemburu dan jenuh. Jika dilihat dari sisi islam warna hijau adalah warna yang melambangkan perdamaian dan warna suci sedangkan dari sejarah china warna hijau adalah warna wanita. Bagi yang ingin menciptakan warna mewah maka penggunaan warna ungu dapat diaplikasikan selain itu warna ini juga merefleksikan kebenaran, namun sisi negatifnya warna ini melambangkan sifat kemerosotan. 
Sedangkan penciptaan warna yang memberikan ketenangan dapat mengaplikasikan warna biru, warna biru dapat membuat seseorang mudah untuk fokus dan berkonsentrasi, namun jika terlalu banyak mengaplikasikan warna biru, maka warna biru malah akan memberikan efek buruk yakni tidak mempunyai ambisi dan tidak terlihat akrab. Beberapa pilihan warna tersebut dapat digunakan sesuai keinginan pemilik rumah, meskipun warna-warna tersebut memiliki kualitas posifif yang diinginkan namun jika pemilik rumah tidak menyukai warna tersebut, hal itu akan percuma.



Related Posts