CEDERA PADA PERGELANGAN KAKI

CEDERA PADA PERGELANGAN KAKIby Ghazali Kareem Iffredistaon.CEDERA PADA PERGELANGAN KAKIEmail Print   CEDERA  PADA PERGELANGAN KAKI Apa itu? Cedera yang paling umum  hadir dalam praktek kedokteran olahraga adalah “keseleo pergelangan kaki”. Apakah hasil dari gerakan memutar pada pergelangan kaki yang berjalan di tanah yang tidak rata, memutar pergelangan kaki turun dari lompatan di netball, atau memiliki pergelangan kaki keseleo dalam mengatasi suatu – atlet […]

 

CEDERA  PADA PERGELANGAN KAKI
KAKI
Apa itu?
Cedera yang paling umum  hadir dalam praktek kedokteran olahraga adalah “keseleo pergelangan kaki”. Apakah hasil dari gerakan memutar pada pergelangan kaki yang berjalan di tanah yang tidak rata, memutar pergelangan kaki turun dari lompatan di netball, atau memiliki pergelangan kaki keseleo dalam mengatasi suatu – atlet mungkin akan keluar untuk beberapa hari atau minggu sebagai hasilnya.
Keseleo pergelangan kaki yang paling sederhana akan pulih dengan atlet dapat kembali ke aktivitas  dalam waktu dua sampai empat minggu. Sekitar 30% pasien masih akan memiliki rasa sakit pada tahap ini dan ini mungkin memerlukan penyelidikan lebih lanjut. Mereka cenderung memiliki lebih dari “hanya keseleo sampai mata kaki mereka”.


Apa yang bisa dilakukan?
Ketika Anda keluar pada pagi hari untuk lari pagi,dan Anda akan menikmati embun pagi dan Anda tersandung oleh batu kerikil – apa yang harus Anda lakukan?

Pengobatan dini untuk cedera pergelangan kaki akut harus selalu idealnya mulai dengan apa yang disebut sebagai “PADI” manajemen – REST, ICE, KOMPRESI dan elevasi.
Tahap SISA dengan sebagian besar cedera engkel harus biasanya hanya berlangsung 24 jam maka lebih baik diganti dengan kisaran awal gerakan latihan sering bersamaan dengan fisioterapis. ICE harus diterapkan setiap 2-3 jam untuk cedera pergelangan kaki akut selama 48-72 jam pertama. Hal ini dikombinasikan dengan menjaga pergelangan kaki diikat dan ditinggikan secara signifikan akan mengurangi jumlah pembengkakan terjadi , pada gilirannya mengurangi jumlahwaktu sebagai akibat dari cedera ini. Sebuah Tubigrip atau neoprene stocking jenis tekan perban dipakai siang hari (harus digunakan saat tidur), yang dapat mengurangi pembengkakan.
Setelah rentang gerak telah dipulihkan (banyak pergelangan kaki / kaki latihan – atas / bawah dan keluar / gerakan pergelangan kaki) dan nyeri berkurang maka latihan penguatan khusus ditujukan untuk memperkuat struktur pergelangan kaki luar, depan dan belakang betis dan otot kecil dari kaki dimulai. Kegiatan ini idealnya dipantau oleh Anda fisio keseimbangan (proprioception) latihan juga ditambahkan ke program rehabilitasi sebelum atlet kembali ke kegiatan yang biasa mereka.
Sayangnya banyak keseleo pergelangan kaki tidak menerima rehabilitasi tepat atau lengkap dan atlet ini kita sering melihat beberapa minggu atau bulan ke jalur mengeluhkan kronis “sakit pergelangan kaki” yang mungkin “memberi jalan” mudah juga.
Jika mereka merasa khawatir tentang menggunakannya pada permukaan yang tidak rata karena terasa “lemah”, ada kemungkinan bahwa atlet memiliki “ketidakstabilan pergelangan kaki kronis” karena berulang peregangan dan robeknya ligamen di bagian luar pergelangan kaki. Pemeriksaan yang cermat dan stres x-ray pergelangan kaki dapat mengkonfirmasi hal ini. Manajemen akan melibatkan latihan penguatan yang tepat dan banyak keseimbangan pelatihan ulang (goyangan pekerjaan papan, latihan berdiri di satu kaki dengan mata tertutup dll).

Sangat jarang diperlukan operasi untuk merekonstruksi ligamen tapi itu tergantung pada tuntutan ditempatkan pada pergelangan kaki oleh individu tertentu dan olahraga mereka, dan tanggapan mereka terhadap program rehabilitasi menyeluruh. “USG hanya” diterapkan di daerah pembengkakan dan nyeri ini tentu tidak cukup untuk fisio pergelangan kaki akut atau kronis terkilir. Ia memiliki peran yang sangat terbatas dalam pengobatan awal keseleo pergelangan kaki tetapi rehabilitasi lebih bawah trek harus fokus pada penguatan dan latihan keseimbangan.


Cedera serius
jika  pergelangan kaki masih sakit dalam waktu  tiga minggu,kemungkina  besar akan melibatkan ligamen lebih signifikan, cedera sendi dan tulang. Banyak cedera tulang di pergelangan kaki tidak muncul pada sinar-x biasa. Kadang-kadang pandangan khusus yang diperlukan, kadang-kadang pengulangan x-ray lebih bawah trek (sekitar 3-4 minggu kemudian) akan muncul fraktur yang lebih baik. Sering namun pencitraan yang lebih canggih akan diperlukan untuk memastikan tidak ada fraktur, atau kerusakan tulang rawan atau ligamen lainnya ke bagian dalam pergelangan kaki bersama sendi tepat atau lain dari pergelangan kaki. Ini mungkin dalam bentuk isotop scan tulang, CT scan atau MRI scan. Scan tulang sangat sensitif untuk mengambil cedera tulang atau peradangan Ini melibatkan memiliki suntikan radioisotop pewarna ke dalam lengan Anda diikuti dengan memiliki gambar yang diambil sekitar 2 jam kemudian ketika pewarna telah tersebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Ini cukup erat akan menentukan daerah mana tulang rusak. Suatu CAT scan yang sangat baik untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang jenis cedera tulang misalnya lokasi yang tepat dari patah tulang yang patah ke dalam sendi. Scan MRI sangat sensitif untuk mengambil tulang memar (di mana tidak ada tulang “istirahat” tapi pasti memar dalam tulang), luka pada permukaan tulang rawan dari tulang dan radang sinovium (lapisan sendi). Jadi sejarah dan tanda-tanda klinis pada pemeriksaan pergelangan kaki akan menentukan scan ini akan memberikan informasi yang paling berharga.

Memiliki informasi yang lebih rinci  kemudian dapat menunjukkan bahwa arthroscopic (teleskopik lubang kunci) pembedahan mungkin diperlukan untuk mencoba dan memperbaiki fragmen longgar, menghapus fragmen terpisah dari tulang, tulang rawan, bor permukaan tulang untuk mendorong penyembuhan atau membersihkan semua menebal lapisan sendi yang mungkin mendapatkan terjepit di sendi (sinovitis).
Jadi, jika Anda masih merasa sakit pergelangan kaki, atau ditandai pembengkakan yang mungkin membuat Anda masih perlu lemas, tiga minggu setelah Anda “keseleo pergelangan kaki”, maka sangat mungkin bahwa Anda telah mengalami cedera yang lebih kompleks seperti fraktur tidak terdeteksi, kerusakan pada tulang rawan sendi atau lapisan, atau cedera tendon di pergelangan kaki. Beberapa cedera ini tidak akan mendapatkan lebih baik tanpa operasi dan beberapa dari mereka jika mereka tetap tidak diobati tentu mungkin melibatkan peningkatan risiko “keausan” arthritis dalam sendi di kemudian hari. Jadi masuk akal untuk mendapatkannya diperiksa dengan benar pada awal jalannya cedera. Jangan berasumsi bahwa karena Anda memiliki “lemah” pergelangan kaki akibat cedera sebelumnya bahwa tidak ada yang bisa dilakukan tentang hal itu! .



Related Posts